3 February 2023

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

KPU Surabaya Resmi Umumkan PPS Pemilu 2024

IMG 18941
ILUSTRASI : Simulasi pemilihan umum.

Pustakalewi.com – Akhirnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya mengumumkan daftar panitia pemungutan suara (PPS) untuk pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi menandatangani draft 27 halaman yang berisi ratusan nama PPS Pemilu 2024.

Syamsi mengatakan, tahapan pembentukan PPS dimulai sejak 18 Desember 2022 dan berakhir pada 20 Januari 2023. KPU Surabaya menetapkan calon anggota PPS peringkat 1-3 dari masing-masing kelurahan sebagai calon anggota PPS terpilih dan calon anggota PPS peringkat selanjutnya sebagai calon pengganti antar waktu anggota PPS.

Ada 826 orang yang lolos dari tahapan wawancara atau interview. Syamsi menyebutkan, setelah itu, KPU Surabaya akan mengundang calon anggota PPS terpilih untuk hadir dalam pelantikan dan pengambilan sumpah.

“Serta, penandatanganan pakta integritas anggota PPS,” katanya.

Pengambilan sumpah/janji tersebut digelar di Halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya pada 24 Januari pukul 06.00. Sebelumnya, Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kota Surabaya Subairi mengatakan, yang dinyatakan lolos ke tahapan interview ada 1.045 orang. Dari masing-masing kecamatan jumlah calon PPS-nya berbeda-beda.

Dari angka 1.045 itu, KPU Surabaya akan menyeleksi sesuai kebutuhan. Per kelurahan dibutuhkan tiga orang PPS. Namun, ada tiga orang PPS yang masuk ke dalam daftar cadangan. Total ada 154 kelurahan.

“Yang ditetapkan 3 orang PPS per kelurahan lalu 3 orang lainnya cadangan,” tutur Subairi. Info/red