PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Facebook Beri Pengaturan Khusus Bagi Pengguna Remaja Untuk Mencegah Kejahatan

facebook
Ilustrasi

Surabaya, Pustakalewi.com – Meta mengambil langkah baru untuk mengunci pengaturan privasi bagi pengguna mereka yang masih remaja. Perusahaan membuat perubahan pada pengaturan privasi default untuk akun Facebook remaja.

Selanjutnya, pengaturan ini akan membatasi kemampuan orang dewasa yang “mencurigakan” untuk mengirim pesan kepada remaja di Instagram dan Facebook. Hal ini juga sebagai upaya lanjutan Facebook untuk melindungi pengguna mereka yang masih di bawah umur.

Di Facebook, Meta mengatakan akan mulai secara otomatis mengubah pengaturan privasi default pada akun baru yang dibuat oleh remaja di bawah 16 tahun. Dengan perubahan tersebut, visibilitas daftar teman mereka, posting yang ditandai, dan halaman serta akun yang mereka ikuti akan secara otomatis diatur ke pengaturan pribadi atau privat.

Pengaturan baru hanya akan diaktifkan secara otomatis untuk akun baru yang dibuat oleh remaja. Namun demikian, Meta mengatakan akan mendorong akun remaja yang ada untuk mengadopsi pengaturan serupa.

Sebagai informasi juga, pembaruan ini mengikuti langkah serupa dari Instagram. Di jejaring sosial yang juga masih milik Facebook itu, Instagram mulai membuat akun remaja menjadi privat secara default sejak tahun lalu.

Meta juga membuat perubahan baru yang dimaksudkan untuk mencegah orang dewasa yang “mencurigakan” menghubungi remaja. Di Facebook, itu akan memblokir akun-akun ini dari fitur “orang yang mungkin Anda kenal” di situs, dan di Instagram akan mencoba menghapus tombol pesan dari profil remaja.

Perusahaan tidak membagikan dengan tepat bagaimana cara menentukan siapa yang “mencurigakan”, tetapi mengatakan akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti apakah seseorang baru-baru ini diblokir atau dilaporkan oleh pengguna yang lebih muda.

Selain itu, Meta mengatakan sedang bekerja dengan National Center for Missing and Exploited Children (NCMEC) pada “platform global” untuk mencegah berbagi gambar intim remaja secara non-konsensual.

Menurut Meta, platform yang dapat diluncurkan pada pertengahan Desember ini akan bekerja mirip dengan sistem yang dirancang untuk mencegah berbagi gambar serupa.dari orang dewasa. Menurut juru bicara Facebook, sistem ini akan memungkinkan remaja membuat “laporan pribadi” untuk gambar di perangkat mereka yang tidak ingin mereka bagikan.

Platform, yang dioperasikan oleh NCMEC, kemudian akan membuat hash unik dari gambar tersebut, yang akan masuk ke database sehingga perusahaan seperti Facebook dapat mendeteksi saat gambar yang cocok dibagikan di platform mereka. Info/red