PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Kampung Belanda Sampang Akan Jadi Objek Wisata Heritage

Sampang – Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, terus melakukan pengembangan sektor wisata di Kota Bahari. Salah satunya menjadikan Kampung Belanda yang berada di Desa Krampon, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang menjadi objek wisata.

Hal itu dilakukan karena Kampung Belanda dinilai memiliki potensi wisata, terutama nilai sejarah dari sisi bangunan yang tetap kokoh berdiri.

Kasi Adyatama Parekraf Muda Disporabudpar Sampang, M. Syahroni mengatakan bahwa pada akhir Juli 2022, Disporabudpar Sampang menggelar sidang rekomendasi bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Hal itu dilakukan untuk mengkaji bangunan Kampung Belanda, apakah layak atau tidak sebagai cagar budaya. Akhirnya dinyatakan layak menjadi obyek wisata.

Pasca dilakukan penetapan dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama antara Pemkab Sampang dengan PT. Garam, mengingat kawasan Kampung Belanda berada Kompleks PT. Garam.

Adapun, bangunan di Kampung Belanda kurang lebih ada 100 unit bangunan dan nantinya konsep wisata yang akan digunakan adalah heritage.

“Kalau sudah masuk benda cagar budaya tidak ada perubahan artinya bangunan akan dibiarkan sebagaimana aslinya, itu nantinya yang kita tawarkan ke wisatawan” jelasnya, dilansir dari sampangkab.go.id.

Diharapkan dari konsep yang sudah ditentukan, Kampung Belanda dapat memberikan daya tarik kepada wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sampang.

Pemerintah Desa Krampon juga sudah membentuk Pokdarwis dan berkas-berkasnya pun telan diserahkan ke Disporabudpar

Objek wisata Kampung Peninggalan Belanda tentunya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Sampang. Info/red

Copyright © 2021 PustakaLewi News All rights reserved.