PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Bali Disiapkan Jadi Tujuan Wedding Destination Unggulan di Dunia

pernikahan di Bali

Surabaya – Selalu ada inovasi baru dalam pengembangan destinasi pariwisata di Pulau Bali sehingga pulau ini selalu unggul sebagai daerah tujuan wisata kelas dunia.

Bali kini sedang disiapkan sebagai tujuan wedding destination di dunia. Tujuannya diharapkan akan memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja khususnya di Bali.

Sebenarnya bukan hal baru jika ada pesta pernikahan dari  warga Indonesia luar  Bali  digelar di Pulau Dewata ini. Begitu pulau warga negeri lain yang datang menikah sekaligus bulan madu di Bali.

Kini pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengembangkan potensi itu lebih serius.

“Bali sebagai wedding destination ini menggiatkan perekonomian lokal, menggiatkan wedding organizers, musik,  band-band pengiring dan masih banyak lagi akan mendapat limpahan dari peningkatan jumlah wedding,” kata Menparekraf  Sandiaga Salahuddin Uno dalam “Weekly Brief with Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2022).

Oleh karena itu Kemenparekraf/Baparekraf mendukung pelaksanaan 8th Annual Destination Wedding Planner (DWP) Congress untuk menjadikan Bali sebagai salah satu tujuan wedding destination unggulan di dunia.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, Indonesia berhasil menjadi tuan rumah dari 8th Annual Destination Wedding Planner yang akan dilaksanakan di Bali International Convention Center pada 27-29 September mendatang. 

Event ini menghadirkan berbagai pelaku usaha penyelenggara pernikahan dari berbagai belahan dunia.

Kegiatan ini menjadi ajang untuk mempromosikan Indonesia sebagai lokasi pernikahan yang indah dan berkesan bagi pasangan dari berbagai belahan dunia yang ingin menikah. Kegiatan ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan Bali sebagai destinasi resepsi pernikahan mewah. 

“Tujuan kongres ini adalah meningkatkan kepercayaan pelaksanaan MICE kembali, kemudian memasarkan Bali dan Indonesia sebagai luxury wedding destinations dan juga peluang investasi dari segi penyelenggaraan dan multiplier effect bagi pernikahan yang efeknya luar biasa,” kata Menparekraf Sandiaga.

Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kemenparekraf/Baparekraf, Masruroh, menjelaskan, dipilihnya Bali sebagai lokasi acara 8th Annual Destination Wedding Planner Congress merupakan permintaan dari anggota-anggota dari Destination Wedding Planners.

Masruroh berharap kegiatan ini bisa membangkitkan industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di Indonesia, terutama yang berhubungan dengan perayaan resepsi pernikahan.

“Sekarang kita bangkitkan kembali (industri pernikahan) dengan DWP congress di Bali. Karena impact oleh kongres ini akan dirasakan secara umum oleh (vendor-vendor resepsi pernikahan) di Indonesia,” kata Masruroh.

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat-pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf secara daring dan luring. Turut hadir pula Head of Operations QnA International, Tanvir Ahmed dan Director of MICE & Travel Series QnA International, Lisa Viegas. info/red

Copyright © 2021 PustakaLewi News All rights reserved.