PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya Bersama Yayasan Bhakti Persatuan Gelar Seminar Hukum Yayasan dan Perkumpulan

perkumpulan tionghoa

Surabaya – Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya bersama Yayasan Bhakti Persatuan menggelar seminar Hukum Yayasan dan Perkumpulan yang dibawakan oleh notaris Ir. Joyce Sudarto SH, dengan pembawa acara Anies Rungkat.

Acara dihadiri puluhan anggota dan pengurus Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya, dilaksanakan di Gedung Yayasan Bhakti Persatuan, tepat pukul 4 sore, Rabu 3 Agustus 2022.

H. Nurawi Ketua Koordinator Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya menyampaikan seminar pemahaman tentang hukum yayasan dan perkumpulan sangat penting agar mengetahui fungsi dewan pembina, pengawas, pengurus termasuk AD/ART, dan undang undang.

“Semoga seluruh pengurus yang ada di organisasi mengerti hukum, wewenang dan hak kewajiban agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari,” terang H. Nurawi.

Hermawan Santoso Ketua Yayasan Bhakti Persatuan mengatakan di Surabaya terdapat 100 lebih yayasan dan banyak pengurus yang kurang memahami, oleh karena itu diselenggarakan kegiatan ini.

“Yayasan Bhakti Persatuan hanya memfasilitasi kegiatan seminar ini, semoga memberi manfaat bagi semua,” harap Hermawan Santoso.

Rasmono Sudarjo SH Sekretaris PMTS mengatakan,”Saya sebagai notaris dan penasihat hukum dari perkumpulan dan yayasan di Surabaya sering menemui masalah yang terjadi karena ketidaktahuan. Kami memanggil Notaris dan praktis hukum Joyce Sudarto SH untuk berbagi pengetahuan,” jelas Rasmono Sudarjo yang membentuk grup WhatsApp untuk konsultasi hukum lebih lanjut bagi anggota PMTS.

Ir. Joyce Sudarto SH menjelaskan tentang yayasan, perkumpulan hingga ormas. Termasuk syarat dan cara pendirian maupun pembubaran.

“Perkumpulan didirikan untuk tujuan sosial, keagamaan, kemanusiaan dan tidak membagikan keuntungan kepada anggota. Sedangkan yayasan tidak memiliki anggota. Akta pendirian yayasan maupun perkumpulan dibuat oleh notaris dengan syarat yang sudah ditentukan,” jelas Joyce.

Pada akhir acara, peserta banyak mengajukan pertanyaan. Panitia juga memberikan penghargaan kepada Notaris Joyce selaku pembicara utama.

Bulan depan direncakan digelar kembali seminar menarik menghadirkan pakar membahas tentang pajak dan akuntansi, laporan keuangan yayasan yang dibuat pengurus. Info/red