PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Hadiri Penutupan Pameran Seni Rupa ASTON Madiun dan Perayaan Seabad Chairil Anwar, Inda Raya Persembahkan Puisi

Inda raya

Madiun – Pameran seni rupa yang digelar oleh Aston Madiun Hotel & Conference Center berkolaborasi dengan Himpunan Pelukis se-Karesidenan Madiun (HISMI) telah memasuki hari terakhir.

Acara yang telah digelar mulai 4 Juli 2022 hingga 28 Juli 2022 itu diikuti oleh 27 seniman di Karesidenan Madiun. Pameran tersebut merupakan salah satu wujud upaya Aston Madiun dalam mendukung dan memberikan ruang ekspresi kepada para seniman, khususnya para pelukis di wilayah Kota Madiun dan sekitarnya. Penutupan pameran seni rupa yang digelar hari ini, sekaligus bersamaan dengan perayaan seabad Chairil Anwar.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Wakil Walikota Madiun Inda Raya yang juga turut serta mempersembahkan baca puisi, Rektor Universitas PGRI Madiun yang mendukung penyelenggaraan kegiatan ini, dan General Manager ASTON Madiun. Tak hanya seniman di Kota Madiun, dalam kegiatan tersebut juga dihadiri para seniman dari Karesidenan Madiun.

Beberapa komunitas yang tergabung dalam kegiatan tersebut yaitu Komunitas Seniman Karesidenan Madiun (HISMA), Orek-orek Ngawi, Mageti Art Magetan, Cokro Sketsa Ponorogo, Paguyuban Perupa Madiun, RBTS, PISHI, Negeri Kertas.

“Chairil Anwar merupakan sosok yang muda dan semangat nya perlu kita teladani. Harapannya dengan dukungan dari berbagai pihak, para seniman di Kota Madiun dan Karesidenan Madiun dapat terus mengembangkan diri, menghasilkan karya-karya terbaik sehingga dapat berpartisipasi dalam pembangunan seni di Indonesia” kata Inda Raya Wakil Walikota Madiun.

Selain kegiatan baca puisi, perayaan Seabad Chairil Anwar yang jatuh pada 26 Juli juga turut dimeriahkan oleh penampilan grup seni music biola dan piano, musikalisasi puisi, dan juga pembacaan puisi dari para akademisi.

General Manager ASTON Madiun menyebutkan bahwa pihaknya mendukung dan memberikan wadah khususnya untuk mendukung kebangkitan para seniman dan UMKM di Kota Madiun seperti yang telah dilakukan beberapa tahun terakhir.

Setelah sukses menggelar Pameran Lukisan Contribution untuk mengisi liburan sekolah, ASTON Madiun juga persembahkan berbagai promo menarik untuk menyambut bulan kemerdekaan. Promon spesial diantaranya yaitu Paket Dinner Nusantara BBQ di Kedaton Garden, Nusantara Grilled Seafood, berbagai menu nusantara seperti Aneka Pepes Nusantara, dan masih banyak menu spesial kemerdekaan lainnya. Info/red