PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

PT Matahari Sakti dan Koarmada II Gelar Khitanan Massal di Sumenep Madura

IMG 20220623 094948 compress30 800x445 1

Surabaya – PT Matahari Sakti sering melaksanakan baksos khitanan massal. Kali ini khitanan massal digelar PT Matahari Sakti bekerja sama dengan Komando Armada (Koarmada) II, di Pantai Slopeng, Sumenep, Madura, 22 Juni 2022.

Acara dimulai pukul 7 pagi, dimana anak anak bersama orangtuanya dengan tertib mengantri satu persatu masuk ke ruang operasi. Namun sebelumnya mereka telah mendaftar.

Selesai dioperasi, anak anak mendapatkan goodiebag dari PT Matahari Sakti berupa tas sekolah, perlengkapan belajar, sarung, sajadah, paket jajan yang diserahkan langsung Rudy Purwono bersama putrinya Samantha Prijadi Purwono dan panitia dari Koarmada II.

Rudy Purwono Direktur PT Matahari Sakti mengatakan,”Kami dari PT Matahari Sakti bersyukur dan senang bisa bersama Koarmada II membantu masyarakat Sumenep yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Bersyukur acara berlangsung dengan lancar dari awal hingga akhir.”

Satuan Tugas Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan Kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bahari Program Merdeka Belajar Koarmada II, Kol Laut M. Bayu Pranoto Kadiskotmar (Kepala Dinas Potensi Maritim) Koarmada II mengucapkan terima kasih kepada Presiden Direktur PT Matahari Sakti Puspita Dewi Prijadi yang telah memberikan sumbangan dalam kegiatan khitanan massal.

Ia berharap ada kelanjutan kerjasama antara TNI AL Koarmada II dengan PT Matahari Sakti.

Laksamana Pertama TNI (Purn.) Dr. drg. Nora Lelyana, M.HKes., FICD selaku ketua panitia kegiatan menginformasikan bahwa khitanan massal pada awalnya untuk 125 anak namun pendaftarnya mencapai 130 anak.

“Kegiatan baksos di Pantai Slopeng Sumenep antara lain; khitanan massal, pelayanan kesehatan gigi, penyuluhan kesehatan gigi dan stunting, donor darah merupakan kerjasama Universitas Hang Tuah dan Fakultas Kedokteran Gigi Unair dengan dukungan Koarmada II, Pemprov Jatim, Pemkab Sumenep dan lainnya,” ujar Nora Lelyana.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang hadir di lokasi langsung meninjau pelaksanaan baksos khitanan massal. Khofifah pun menyapa anak anak dan orangtuanya.

Gubernur Jatim didampingi Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II Laksma TNI Rachmad Jayadi, mengatakan kegiatan baksos melibatkan berbagai pihak termasuk perguruan tinggi.

Baksos di Kabupaten Sumenep ini sangat penting untuk mencegah stunting anak. Khofifah meminta memprioritaskan ibu hamil dan balita untuk mengonsumsi ikan agar mendapatkan gizi baik.

Dalam acara tersebut secara simbolis diserahkan 1000 paket sembako untuk keluarga stunting, 1000 paket makanan tambahan kepada ibu hamil dan bayi, 1000 Al Qur’an untuk 10 pondok pesantren.

Juga bantuan bedah rumah bagi 10 orang senilai Rp 17.500.000, bantuan modal usaha dan zakat produktif bagi 100 pelaku usaha ultra mikro dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Info/red