PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Karnaval PESPARAWI Nasional XIII cermin Daerah Istimewa Yogyakarta Jadi kota Toleransi

karnaval pesparawi

Yogyakarta – Masih dalam rangkaian acara PESPARAWI Nasional XIII Tahun 2022, bertempat di Titik Nol Yogyakarta, Sekretaris Ditjen Bimas Kristen Drs. Urbanus Rahangmetan, M.Th bersama Kakanwil Kemenag Prov. DIY Dr. Masmin Afif melepas karnaval rangkaian PESPARAWI Nasional XIII.

201C2A3170

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Ditjen Bimas Kristen Urbanus Rahangmetan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa kegiatan karnaval merupakan salah satu kegiatan solidaritas umat beragama.

“Bersama-sama kita melaksanakan moderasi beragama dalam kehidupan kita bernegara, karena NKRI adalah negara yang menjunjung tinggi toleransi dalam kehidupan beragama sehingga patut kita memupuk rasa kebersamaan ini untuk membangun toleransi umat beragama di DIY secara khusus dan di RI secara umumnya, terangnya.

Senada dengan pernyataan Menag, Dr. Masmin Afif berpesan agar DIY bisa menjadi Tuan Rumah yang baik dalam pelaksaan PESPARAWI Nasional XIII ini.

“Pertama, mohon dukungan Bapak/Ibu warga masyarakat DIY, mari kita tunjukan DIY City Of Tolerance, DIY Kota Toleransi,” tegas Masmin.

871C2A3180

“Kita tunjukan, kita wujudkan kita bisa menjadi tuan rumah yang baik untuk menyambut para kontingen PESPARAWI XIII Tahun 2022 yang berjumlah sekitar 8.000 peserta dan akan didampingi oleh para pendukungnya sekitar 30.000 orang dari seluruh provinsi di Indonesia, sambungnya.

Lebih lanjut dikatakan, melalui kegiatan PESPARAWI Nasional XIII, diberharap UMKM yang ada di DIY bisa semakin bergerak dan tumbuh kembali.

“Mari kita bersama-sama bahu membahu menghormati perbedaan untuk menciptakan kerukunan umat beragama dan semoga kegiatan PESPARAWI XIII yang diselenggarakan di DIY sukses dalam penyelenggaraannya dan DIY sukses sebagai Juara Umum,” tutup Masmin.

Kegiatan karnaval PESPARAWI Nasional XIII ditutup dengan pawai marching band dari sekolah-sekolah yang ada di Provinsi DIY dan pelepasan 12 andong yang menggambarkan 5 Sila dalam Pancasila dan 6 Agama yang ada di Indonesia beserta 1 andong Provinsi DIY selaku tuan rumah. info/red