PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Peringatan Waisak 2022, Umat Buddha Lasem Kirab Keliling Kampung

peringatan waisak

Surabaya – Peringatan Hari Trisuci Waisak 2022, umat Buddha di Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem melakukan kirab keliling kampung, dimulai dan berakhir di komplek Vihara Ratanavana Arama, Minggu (15/5/2022) malam.

Kirab dengan membawa patung Buddha dan kitab suci Tripitaka, serta gunungan hasil bumi seperti buah-buahan dan sayuran.

Bhikkhu Vihara Ratanavana Arama, Piyadhiro Thera, menjelaskan kegiatan kirab merupakan prosesi perjalanan dari satu tempat ke tempat yang dituju, membawa puja atau barang persembahan.

“Persembahan itu di sini, umat-umat membawa gunungan buah-buahan, hasil bumi, makanan,” tuturnya.

Setelah kirab selesai, acara dilanjutkan doa bersama lagi. Setelah itu, gunungan berupa makanan tersebut dimakan bersama-sama sebagai wujud syukur dan kebersamaan.

“Sehabis kirab, kita berdoa lagi kemudian gunungan kita makan bersama sebagai wujud kebersamaan. Karena agama Buddha ini dekat dengan alam,” lanjutnya.

Disampaikan, puncak detik-detik Trisuci Waisak ke-2556 dilaksanakan Senin (16/5/2022), dengan kegiatan puja bakti dan meditasi.

Perayaan Waisak di Vihara Ratanavana Arama diikuti umat Buddha di Kabupaten Rembang. Namun, karena masih dalam situasi pandemi, saat ini diikuti perwakilan. Info/red