PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

TNI Kirim Prajurit Terbaiknya Ikuti Latma Trilateral Crocodile Response 2022

IMG 20220510 WA0003

Surabaya,pustakalewi com – Mabes TNI mengirimkan 35 prajurit terbaiknya yang berasal dari gabungan tiga matra yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU untuk mengikuti Latihan Bersama (Latma) tiga negara (Trilateral) dengan sebutan Crocodile Response Exercise 2022, bertempat di Darwin, Australia, Senin (9/5/22).

Crocodile Response Exercise merupakan bentuk latihan gabungan operasi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana yang melibatkan TNI, Basarnas, ADF serta Marinir Amerika Serikat.

Selain militer, Australia selaku tuan rumah juga melibatkan beberapa lembaga sipil non-pemerintahan untuk turut serta dalam latihan yang akan berlangsung selama 14 hari di dua tempat berbeda yakni di kota Darwin dan Nhulunbuy sebagai kota yang disimulasikan terdampak bencana.

Menurut Captain Pietro Ruggeri selaku koordinator latihan, latihan ini dibagi menjadi dua sesi yakni sesi akademis di minggu pertama, dilanjutkan simulasi pemberian bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana di lokasi terdampak bencana di minggu kedua latihan.

Dalam sesi akademis lanjut Pietro, para peserta menerima materi dari akademisi serta perwakilan Badan SAR masing-masing negara terkait metode pengiriman bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

Selain itu tambahnya, dalam sesi ini para peserta juga diberi kesempatan berdiskusi dan saling berbagi pengalaman terkait pelaksanaan operasi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana di negara masing-masing.

“Lesson-Learned dari latihan ini, diharapkan masing-masing negara peserta latihan dapat saling meningkatkan interoperabilitas dalam merespon bencana termasuk pemberian bantuan kemanusiaan yang berlaku secara internasional,” pungkas Pietro. Info/red

Autentikasi:
Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Arh Wieng Pranoto, S.Sos