PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Menhan Prabowo Silaturahmi ke Jawa Timur

Prabowo jatim

Surabaya – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto melakukan silaturahmi ke sejumlah tokoh masyarakat di Jawa Timur, Selasa (3/5/2022).

Lawatan ini dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Salah satu tokoh yang ditemui Menhan Prabowo adalah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Suasana keakraban nampak ketika Gubernur Khofifah menyambut kedatangan orang nomor satu di jajaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) tersebut di gedung negara Grahadi.

“Kebetulan saya sedang berada di Jawa Timur, sowan kepada tokoh-tokoh di sini dalam rangka lebaran menjenguk sahabat-sahabat lama saya. Dan tentunya pantas dan saya merasa perlu untuk sowan ke Ibu Gubernur Khofifah,” kata Menhan Prabowo seusai pertemuan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya Selasa (3/5/2022) malam.

Menhan Prabowo mengaku disuguhi sejumlah makanan oleh Gubernur Khofifah. Mulai dari makanan khas asal Jawa Timur, yakni rawon hingga bakso.

“Tadi diterima sangat baik. Tadi makan rawon, makan bakso. Terima kasih Ibu (Khofifah Indar Parawansa) atas penerimaannya yang begitu hangat,” tuturnya.

Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra memuji sosok kepemimpinan Gubernur Khofifah. Bahkan, ia mengaku selama ini juga memperhatikan jejak pengabdian dan kepedulian Khofifah terhadap rakyat dan pembangunan bangsa.

“Alhamdulillah lebih banyak belajar, banyak menceritakan cara-cara beliau (Khofifah Indar Parawansa) mendorong ekonomi rakyat, pertanian, swasembada pangan dan sebagainya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Prabowo juga mengunjungi Kota Jember. Diterima langsung Bupati Hendy Siswanto yang saat Pilpres 2014 lalu adalah pendukung Prabowo Subianto. Perjuangan politik dan demokrasi periode itu telah berakhir, kini keduanya mengabdi kepada negara lewat jalannya masing-masing.

Tidak banyak yang bicarakan kecuali saling meminta maaf karena masih dalam suasana Idul Fitri 1443 Hijriyah. Kebahagiaan tampak karena ke depan kunjungan Menhan Prabowo secara resmi akan dijadwalkan ulang.

Kunjungan Prabowo ke Jember adalah lawatan rutin bertemu para ulama dan kyai di Jawa Timur sehingga bukan agenda formal.

Selain disambut Bupati Hendy, tampak rombongan pengurus Partai Gerindra Jember serta pendukung dan partisan yang mengetahui kedatangan agenda ini, ikut memenuhi Alun-Alun Jember dengan berpakaian serba putih, warna khas yang identik dengan tampilan Prabowo Subianto.

Saling berpesan untuk mengutamakan kepentingan rakyat dan negara, keduanya lantas berpisah. Menhan Prabowo melanjutkan lawatan rutinnya ke Ponpes Al Qodiri, sementara Bupati Hendy menuju Pendopo Wahyawibawagraha.

“Tidak ada maksud apa-apa. Sebagai tuan rumah yang baik serta sebagai pengagum beliau, saya ingin menyambut kedatangan beliau untuk menghormatinya,” kata Bupati Hendy kepada media saat ditanya soal kemungkinan dukungan dalam Pilpres 2024. Info/red