PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Toyota GR Supra Kini Punya Transmisi Manual

toyota supra manual

Surabaya – Toyota baru saja memperkenalkan produk Gazoo Racing (GR) Supra dengan peningkatan performa dan pilihan transmisi manual. Pilihan transmisi ini sebelumnya sudah menjadi impian para penggemar mobil sport legendaris tersebut setelah sebelumnya hanya menawarkan varian transmisi CVT.

Rencanannya, Toyota akan menawarkan produk terbaru ini pada musim panas mendatang di Jepang. Perkiraannya, GR Supra transmisi manual akan diantarkan ke konsumen pada musim gugur 2022 mendatang.

Kehadiran model bertransmisi manual ini untuk menjawab para penggemar Supra yang loyal dan berharap model ini menjadi mobil yang bisa dinikmati di jalanan umum dan sirkuit. Toyota akhirnya melakukan penyempurnaan dan menambahkan pilihan transmisi manual yang telah dinantikan penggemar Supra sejak kehadirannya. Transmisi manual ini akan ditawarkan pada trim RZ.

Beberapa penyempurnaan di antaranya hadir pada Adaptive Variable Suspsension (AVS) yang kini mendapat ubahan pada karakter shock absorber damping agar dapat pengendalian yang lebih nyaman dan seimbang. Modifikasi pada stabilizer bushing juga dilakukan untuk respon pengendalian. Pembaruan juga hadir pada chassis control system untuk peningkatan rasa pengendalian menyeluruh, bahkan saat berkendara ekstrem di sirkuit.

Khusus untuk transmisi manualnya, Toyota melakukan development khusus untuk mendapatkan keasyikan berkendara dengan mesin yang bertenaga tenaga besar. Transmisi manual enam percepatan ini diberikan shift knob spherical yang mudah digenggam dan andal untuk dioperasikan dari berbagai sudut. Sebagai pemanis, ditambahkan logo GR untuk citra sporty yang lebih kental.

Transmisi manual ini juga dibuat lebih optimal dengan sentuhan komputer yang dapat memasangkan perpindahan dengan kecepatan putaran mesin saat pengemudi memindah gigi. Ini membuat pergantian percepatan menjadi lebih halus dan nyaman dilakukan pengemudi saat kebutuhan di lintasan sirkuit.

Tak cuma performa, Toyota juga mengoptimalkan perangkat audio di kabin untuk menghadirkan kesenangan saat pedal gas diinjak ketika berakselerasi. Soal peranti suara ini, Toyota bekerja sama dengan JBL Sound System untuk pengalaman hiburan yang lebih baik.

Tambahan lainnya, Toyota memberikan desain pelek baru berukuran 19 inci untuk trim RZ. Pelek ini diproduksi menggunakan teknik forged dengan bahan aluminium yang dibuat lebih ringan dan lebih kokoh. Toyota mengkalim pelek ini lebih ringan 1,2 kilogram yang berdampak pada kenyamanan berkendara, serta pengendalian yang lebih stabil. Warnanya menggunakan premium titanium dark silver untuk menciptakan citra mobil sport premium.

Pembaruan lain ada pada pilihan warna. GR Supra terbaru mendapatkan pilihan warna volcanic ash gray metallic, dawn blue metallic untuk semua trim serta matte avalance white metallic khusus untuk trim RZ. Interiornya tersedia dalam warna coklat tan yang bisa dipesan sebagai opsi untuk trim RZ. Pembeda utama pada fisiknya adalah aksara Supra yang kini dilabur warna merah.

Khusus di pasar Amerika Serikat, transmisi manual enam percepatan baru ini akan hadir di hampir semua varian GR Supra. Masuk dalam pengecualian adalah varian 2.000 cc turbo 4 silinder karena transmisi manual hanya diberikan pada varian 3.000 cc 6 silinder yang memiliki tenaga 382 hp dan torsi 497 Nm.

Belum ada bocoran harga resmi dari Toyota. Namun melihat harga yang ditampilkan untuk varian RZ alias tertinggi dengan banderol 7,3 juta Yen Jepang alias sekitar Rp830 jutaan, kemungkinan varian transmisi manual akan berada di harga yang sama. Pastinya dengan pembaruan dan tawaran transmisi manual ini, GR Supra makin menempatkan diri sebagai mobil sport premium Toyota yang memenuhi kebutuhan penggunanya untuk harian maupun di lintasan sirkuit. Info/red