PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Program Studi Hotel & Tourism Business Universitas Ciputra Dukung Literasi Digital Pembelajaran Masa Depan

IMG 20220418 WA0018

Surabaya,pustakalewi.com – Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar lebih interaktif dan menarik. Setiap insan pendidik dan siswa perlu meningkatkan keterampilan literasi digital agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat.

Aspek literasi digital tidak hanya perlu dikuasai oleh kalangan dosen dan mahasiswa di Perguruan Tinggi, namun juga bagi para guru dan siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pengenalan literasi digital sejak dini dapat membuat siswa lebih kreatif dan percaya diri dalam memanfaatkan media sosial untuk berbagi konten pembelajaran dan melakukan presentasi di depan audiens umum.

Pentingnya pengenalan literasi digital kepada siswa SMP dan SMA di Surabaya menjadi latar belakang program studi Hotel and Tourism Business, Universitas Ciputra Surabaya untuk menyelenggarakan program Pengabdian Masyarakat (Abdimas) yang bertema “Pengembangan Kemampuan Jurnalistik Online Siswa Junior dan Senior High di Happy Family School Menggunakan Media Live Streaming Instagram Hot Tub UC”.

Program Abdimas yang diketuai oleh Bapak Dr. Thomas Stefanus Kaihatu, M.M. ini bertujuan untuk mengajarkan kegiatan jurnalistik dan meningkatkan kemampuan literasi digital siswa SMP dan SMA di Happy Family School Surabaya. Program ini dapat terlaksana dengan hibah pengabdian masyarakat dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Ciputra Surabaya.

Program yang dijalankan pada kelas ekstrakurikuler jurnalistik di Happy Family School diantaranya pengajaran pada siswa mengenai cara penulisan karya tulis jurnalistik, teknik fotografi, pelaporan berita, dan teknik editing penulisan sehingga dapat dihasilkan karya tulis yang berkualitas.

Dalam kelas jurnalistik ini, siswa Happy Family School dilatih untuk menulis karya tulis berdasarkan topik atau isu-isu terkini, serta berdasarkan pengalaman pribadi. Hasil akhir penulisan karya tulis akan dikemas dalam bentuk buku kompilasi yang menampilkan tulisan-tulisan dari siswa Happy Family School.

Tidak hanya kegiatan jurnalistik, siswa juga diajarkan tentang skill literasi digital yang meliputi pembuatan Instagram Carousel Post menggunakan aplikasi Canva dan presentasi dengan media IG Live. Kegiatan ini bermanfaat agar siswa dapat membuat konten pembelajaran dan presentasi yang interaktif melalui media sosial Instagram.

Untuk melatih skill public speaking, siswa Happy Family School melakukan presentasi pembacaan berita melalui sesi Instagram Live (IG Live) yang bertajuk News Reading Novice Journalism. Sesi IG Live di Instagram Account @Hottub_UC ini berlangsung pada tanggal 6 April 2022 dan disaksikan oleh audiens yang berasal dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, guru, dan masyarakat umum.

Dalam sesi IG Live tersebut, siswa membacakan hasil karya tulisnya berupa teks opini berita dengan beragam topik seperti dampak sosial media, isu perubahan iklim, kenakalan remaja, mental health dan cyber bullying. Topik-topik yang diulas cukup dekat dengan kehidupan remaja sehingga siswa dapat merefleksikan pemikiran dan pendapatnya mengenai topik tersebut.

Penyelenggaraan kelas jurnalistik dan IG Live News Reading Novice Journalism ini diapresiasi positif oleh Kepala Sekolah Happy Family School, Ibu Fifi Trisnawati. Beliau menuturkan bahwa penyelenggaraan program kelas jurnalistik bekerjasama dengan Universitas Ciputra Surabaya ini bertujuan untuk membudayakan budaya literasi kepada para siswa SMP dan SMA di Happy Family School.

Dengan menggunakan teknologi, karya para siswa dapat dipublikasikan secara langsung melalui IG Live sehingga dapat dinikmati oleh publik. Menanggapi apresiasi tersebut, Bapak Lexi Pranata Budidharmanto, anggota tim Abdimas UC, mengungkapkan kegembiraannya dalam berkolaborasi dengan Happy Family School Surabaya dalam program pengabdian masyarakat bertema peningkatan literasi digital.

Survei dari Kemendikbudristekdikti memberikan cermatan mengenai tingkat literasi siswa di institusi pendidikan Indonesia yang masih rendah, sehingga diperlukan upaya untuk menyebarluaskan budaya literasi bagi para siswa terutama siswa SMP dan SMA. Di samping literasi membaca, aspek yang perlu ditingkatkan adalah literasi digital yang menjadi kemampuan penting yang harus dimiliki siswa untuk menuju ke pendidikan tinggi.

“Selamat bagi para siswa-siswi Happy Family School yang akan mempresentasikan karya tulis terbaiknya di media IG Live ini. Semoga presentasi ini juga dapat menambah insight baru bagi para audiens yang mendengarkan. Salam entrepreneur”, pungkas Bapak Lexi Pranata sekaligus membuka sesi IG Live News Reading Novice Journalism pada hari itu. Info/red