PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Pemerintah Buka Kembali Beasiswa LPDP

Nadiem

Surabaya – Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang didanai Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali dibuka. Tersedia kuota bagi lebih dari 3 ribu orang.

BPI merupakan perluasan beasiswa dari LPDP. Beasiswa tersebut masuk dalam Program Merdeka Belajar Episode ke-10 yang diluncurkan pada akhir tahun 2021 lalu.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengajak masyarakat untuk memanfaatkan peluang tersebut untuk anaknya agar meraih pendidikan yang lebih baik.

“Tersedia kuota lebih dari 3 ribu orang,” kata Mendikbudristek secara daring yang ditayangkan media sosial Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Jumat (15/4/22).

Dijelaskan, perluasan beasiswa LPDP tersebut tersedia dalam program gelar dan nongelar. Dengan demikian, pemanfaatan Dana Abadi Pendidikan yang dikelola LPDP dapat menjangkau lebih banyak sasaran, beragam, dan beragam jenjang pendidikan.

“Selain program S1, Beasiswa LPDP saat ini mendukung peningkatan kompetensi bagi mahasiswa, guru, dosen, dan tenaga kependidikan melalui program non-degree atau biasa disebut program ‘microcredential’,” kata Nadiem.

Terobosan yang dilakukan Kemdikbudristek tersebut mendobrak batasan-batasan dalam program beasiswa yang ada sebelumnya. Karena tak hanya diberikan kepada mahasiswa program pascasarjana seperti di masa lalu, tetapi juga mahasiwa jenjang S1, seniman dan pelaku budaya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Informasi lebih lanjut tentang persyaratan dan pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia dapat ditemukan di laman beasiswa.kemdikbud.go.id. info/red