PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Kominfo Buka Kelas Gaming dan Esports

hp gaming

Surabaya – Industri gaming (bermain game) termasuk esports di Indonesia tengah mengalami perkembangan yang pesat, apalagi didukung perkembangan teknologi perangkat mobile.

Fenomena menarik ini mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Spotify menghadirkan seri podcast gaming yang dimulai hari ini, 9 April hingga 24 April 2022 sebagai rangkaian dari “Kelas Podcast Gaming.”

Seri podcast gaming tersebut bertujuan untuk memperkenalkan podcast sebagai sarana yang informatif dan mendidik untuk gamers, kreator, dan juga developers di Indonesia. Sejalan dengan kampanye #MakinCakapDigital, Kemenkominfo juga mengajak masyarakat untuk kreatif menciptakan lebih banyak konten gaming dalam bentuk podcast yang positif dan menghibur.

Koordinator Literasi Digital Kementerian Kominfo, Rizki Ameliah, mengatakan pihaknya melihat industri gaming di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat dikarenakan oleh perkembangan teknologi perangkat mobile.

“Di sisi lain, pendengar podcast juga mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak tahun 2017. Dengan menggabungkan kedua unsur tersebut, diharapkan akan membuka berbagai kesempatan baru untuk komunitas gaming di Indonesia,” ujarnya dalam keterangannya Sabtu (9/4/2022).

Menurut laporan yang dipublikasikan oleh Limelight Networks di tahun 2021, 69,2% warga Indonesia yang disurvei lebih memilih untuk bermain game daripada menonton televisi ataupun film. Selain itu, 78,8% dari warga Indonesia secara sukarela mengalokasikan waktu luang mereka untuk menonton konten-konten gaming di platform online seperti Twitch dan YouTube, yang memperlihatkan besarnya ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap budaya gaming.

Laporan tersebut juga memperlihatkan frekuensi gaming di mana warga Indonesia menghabiskan rata-rata 8,54 jam per minggu bermain game, menempatkan Indonesia di posisi ke 4 (dari 7 negara yang disurvei) setelah Tiongkok, Jerman, dan India. Ketergantungan masyarakat terhadap game ini juga terjadi pada saat jam kerja dengan 22,9% warga Indonesia mengakui bahwa setidaknya seminggu satu kali mereka bermain game di tempat kerja.

“Walaupun kita memiliki potensi yang besar, kita juga menghadapi tantangan tersendiri terkait literasi digital masyarakat. Mengingat hal ini, kita mengharapkan seri podcast gaming ini dapat dengan efektif menaikkan literasi digital di Indonesia dan menghasilkan kreator-kreator konten baru di industri esport,” kata Rizki.

Seri podcast gaming ini akan dibagi menjadi 6 sesi dan setiap sesi akan berfokus kepada topik-topik antara lain lanskap podcast game Indonesia di era media baru, budaya mendengar dan peluang podcast game, developer gam, dan ruang bersuara yang aman, dari player ke kreator yang beretika, ekspansi podcast game ke media lain dan masa depan podcast game di Indonesia. info/red