PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ciputra Group Jajaki Peluang Bisnis di Mandalika

gub NTN Bos Ciputra

Surabaya – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah mengungkapkan ketertarikan Grup Ciputra, untuk berbisnis di Kawasan Mandalika. Ketertarikan ini merupakan kabar menggembirakan yang menjadikan Mandalika semakin menarik sebagai ikon bisnis masa depan.

Ketertarikan grup Ciputra itu dikemukakan Gubernur yang akrab disapa Bang Zul itu, dalam unggahan Facebooknya, Selasa, 5 April 2022. IKLAN

“Sore ini menemani Pak Budiarsa, Bos Ciputra Group, di Sirkuit Mandalika. Event MotoGP tidak hanya membuat Mandalika jadi magnet buat pelancong, tapi juga buat Investor besar seperti Pak Budiarsa ini. Ciputra Group tertarik untuk mengembangkan bisnisnya di Mandalika,” demikian tulis Bang Zul di Facebooknya.

Budiarsa Sastrawinata, merupakan salah satu tokoh terkemuka di bisnis properti di Indonesia. Saat ini, ia menjabat Managing Director Grup Ciputra. Menurut Bang Zul, ia dan Budiarsa terlibat pembicaraan yang cukup mengalir karena pernah bersama-sama menjadi anggota DPR RI dari Dapil Banten.

“Sama Pak Budi ini percakapan jadi mengalir ringan karena dulu sama2 berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Tangerang Banten 2. Kami sama2 mewakili Banten 2 ke DPR RI di Senayan. Komisi kami pun sama.. Selamat datang Mas Budi di NTB,” ujar Gubernur.

Ciputra Group yang didirikan oleh Dr. Hc. Ir. Ciputra dan keluarganya pada tahun 1981, kini menjadi salah satu pengembang properti terdiversifikasi terkemuka di Indonesia. Berdasarkan informasi di laman resminya, Grup Ciputra telah go public pada tahun 1994, dan sekarang menjadi perusahaan induk PT Ciputra Development Tbk. Grup ini telah menjadi perusahaan properti yang paling terdiversifikasi, dari segi produk, lokasi, dan segmen pasar.

Grup Bisnis Ciputra memelopori pengembangan skala besar di Indonesia. Sejak awal, pendiri Dr. Hc. Ir. Ciputra menunjukkan semangat kewirausahaan yang membawa kesuksesan perusahaan. Proyek pertama Grup adalah CitraGarden City Jakarta (1981). Saat ini CitraGarden City telah berkembang dan berubah dari kompleks perumahan pedesaan menjadi ruang hidup modern yang berkelanjutan. Proyek ini menawarkan fasilitas komersial, rekreasi, dan umum yang komprehensif, termasuk Klub Keluarga, fasilitas olahraga, ruang pertemuan, pabrik pengolahan air, dan pasar tradisional dan modern, dan sekolah, dan fasilitas kesehatan. Grup adalah pengembang pertama yang mengantisipasi bandara baru Jakarta dan membangun Mal dan Hotel Ciputra di dekat bandara.

Selama tiga dekade terakhir, Grup Usaha Ciputra telah berhasil mengembangkan lebih dari 100 proyek di 44 kota di Indonesia. Grup Ciputra memiliki banyak proyek dalam persiapan dan negosiasi. Grup membuat namanya dikenal dan mempertahankan posisi terdepan di industri dengan memilih lokasi strategis untuk pengembangan komunitas perkotaan mandiri yang menggabungkan kawasan perumahan dengan pusat perbelanjaan dan kawasan komersial dan industri, dan lengkap dengan infrastruktur transportasi dan komunikasi, dan layanan publik dan fasilitas untuk mendukung kebutuhan hidup, bekerja, sekolah, berolahraga dan bersantai. Melalui kemitraan, grup ini telah berkembang pesat ke Vietnam, Kamboja, India, dan Cina.

Dimulai pada awal 1990-an, dari bisnis inti pengembangan perumahan, Grup Ciputra telah melakukan diversifikasi ke 11 industri, termasuk Township, Gedung Perkantoran, Pusat Perbelanjaan, Hotel, Apartemen, Pusat Rekreasi, Sarana Olahraga, Telekomunikasi, Kesehatan, Pialang, Media dan Perdagangan. Ciputra Business Group berkomitmen untuk membina generasi penerus wirausahawan sejati. Universitas Ciputra adalah institusi akademik pertama yang berfokus pada pendidikan kewirausahaan di Indonesia. Sekolah dan Universitas Ciputra menawarkan kurikulum kewirausahaan yang lengkap kepada siswa. Menumbuhkan jiwa wirausaha menjadi fokus CSR grup, sekaligus mendukung seni di Indonesia dengan menyediakan Ciputra Artpreneur. info/red