PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Peringati Hari Ginjal Sedunia, Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ikuti Webinar Kesehatan

Hari Ginjal Koarmad 2

Surabaya,pustakalewi.com – Ketua Daerah Jalasenstri Armada (KDJA) II Ny. Dewi Iwan Isnurwanto didampingi Wakil Ketua DJA II Ny. Insani Rachmad Jayadi dan Pengurus Inti DJA II mengikuti webinar kesehatan dalam rangka puncak acara memperingati Hari Ginjal Sedunia Tahun 2022 secara live zoom meeting , bertempat di R5 Gedung Jalasenastri Armada II, Kamis (31/3).

Kegiatan yang diselengarakan oleh Kementrian Kesehatan RI dan Direktorat P2PTM Kemenkes RI ini mengangkat tema “Cerdik Kenali Jaga Dan Rawat Ginjal Kita Dengan Patuh”, tak hanya itu kegiatan webinar kesehatan tersebut dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya Jalasenastri Armada II dapat mengikutinya langsung melalui live streaming di YouTube.

Dalam kegiatan tersebut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa penyakit gagal ginjal masih menjadi penyakit yang rawan terjadi di masyarakat. Bahkan penyakit yang termasuk kategori kronis ini diidap satu dari 10 orang dewasa di seluruh dunia.

Budi menjelaskan jika penyakit gagal ginjal merupakan salah satu yang turut memakan banyak korban bilamana tidak tertangani dengan baik. “Diperkirakan sekitar 100 ribu orang di dunia meninggal akibat penyakit ini untuk itu perlu mendapatkan perhatian khusus,” ungkap Budi dalam acara webinar.

“Melalui sejumlah trobosan di antaranya meningkatkan akses layanan ginjal melalui peningkatan kapasitas dan kapabilitas rumah sakit, menjaga mutu pelayanannya, melakukan perbaikan sistem pembiayaan,” jelas Menkes Budi Gunadi.

Tak hanya Menkes RI , beberapa narasumber juga dihadirkan dalam kegiatan webinar kesehatan tersebut , diantaranya Direktur Jendral Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, Plt. Direktur P2PTM, PB PERNEFRI, PERNEFRI, Ketua Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia. Info/red