PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Peduli Autism dan ABK, JCI Bersama Dharma Wanita Surabaya Gelar WFA 2022

IMG 20220326 075959 scaled 1

Surabaya – Peduli terhadap Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ), Organisasi Junior Chamber International ( JCI ) East Java bersama Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya dan  Universitas Surabaya menggelar Walk For Austism ( WFA ) 2022.

Director WFA 2022, Richard Subroto mengatakan , bahwa kegiatan tahun ini yang bertemakan ” Connecting Our Path” adalah untuk mengangkat kesadaran masyarakat, supaya dapat menerima anak – anak Autism dan ABK pada umumnya.Sehingga masyarakat mengetahui bahwa anak – anak Autism bisa mandiri dan memiliki potensi yang sama.

” Kita bisa mengangkat UMKM anak – anak Autism atau ABK dan berikan stand di Kidzania di Lagoon Avenue Mall , sehingga mereka bisa menunjukan kemampuannya,” kata Richard Subroto ditemui awak media pada acara Press Conferensi. Jumat ( 25/3/2022 ) di Gedung Dharma Wanita Kalibokor, Surabaya.

” Nantinya Kidzania juga mengetahui potensi – potensi apa yang ada pada mereka,” imbuhnya.

Richard Subroto mengungkapkan, adapun program lainnya yang digelar secara Road to WFA adalah webinar – webinar rutin yang dilakukan setiap minggu mulai bulan februari, Lomba Sibori, Lomba film dengan tema

“Autism is not a joke”, serta pelatihan buddy cilik, yang keseluruhannya bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ABK.

Pada puncak WFA 2022.Masih kata Richard Subroto, menggelar selama dua hari yakni tanggal 27 Maret 2022 akukan pertunjukan kemampuan ABK dan pengumuman lomba yang juga berlangsung secara offline di Lagoon Avenue Mall serta dibarengi dengan siaran live melalui youtube JCI East Java, kemudian diakhiri dengan membawa ABK untuk bermain Bersama di Kidania.

Sementara Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya, Khusnuriati Hendro Gunawan menambahkan, bahwa kegiatan WFA yang dilakukan bersama JCI dan Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya tersebut digelar pada tahun 2016, Pihaknya pada WFA ini memiliki tanggung jawab adanya Edukasi dan sosialisasi serta apresiasi terhadap anak – anak Autism.Khususnya pada anak – anak Disabilitas.

Ia menjelaskan, bahwa Dharma Wanita dan JCI serta Unesa memiliki sebuah program pada setiap tahunnya.pertama di Maret 2022 merupahkan bulan peduli terhadap daun sindrome pada tanggal 21 Maret, kemudian di susul pada program selanjutnya pada tanggal 2 April yakni Work For Autism yang merupahkan Hari Autism sedunia.Namun pada 2 April bertepatan pada bulan puasa, maka untuk worknya akan digelar pada 27 Maret. Sedangkan tanggal 2 April kita tetap menggelar acara berupa seminar Nasional yang terkait adanya cara untuk membawa anak – anak berkebutuhan khusus tersebut memiliki masa depan yang baik.

Khusnuriati Hendro Gunawan menambahkan, pada akhir tahun 2022 ini akan ada program kegiatan untuk anak Disabilitas pada bulan DesemberInfo/red