PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Stand Kota Pasuruan dikunjungi Presiden, Fatma Promosikan Produk UMKM

IMG 20220325 WA0011

Pasuruan,pustakalewi.com – Stand Dekranasda Kota Pasuruan menjadi salah satu stand yang dikunjungi oleh Presiden RI Joko Widodo saat pameran Jakarta Internasional Handycraft Trade Fair (INACRAFT 2022) yang merupakan pameran produk kerajinan
terbesar di Asia Tenggara, digelar 23-27 Maret 2022 di Jakarta Conventation Centre (JCC).

Pemerintah Kota Pasuruan
melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) turut serta dalam pameran ini untuk memperkenalkan produk dari para perajin dan UMKM Kota Pasuruan kepada masyarakat

Yang menarik bagi Presiden Joko Widodo dari Stand Kota Pasuruan adalah Celengan Karakter (Cakar) kerajinan dari Lapas Pasuruan.
Ketua Dekranasda Kota Pasuruan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf merasa beruntung karena stand Kota Pasuruan dapat dikunjungi oleh Presiden.

“Ketika lewat di stand Kota Pasuruan, saya langsung menyapa dan memperkenalkan diri, alhamdulillah Presiden langsung berkenan meninjau meja paling ujung stand Kota Pasuruan dan melihat celengan karakter buatan teman-teman lapas atau warga binaan masyrakat,“ ujar Fatma yang juga Ketua Dekranasda Kota Pasuruan ini, Rabu (23/03/2022)

Fatma mengatakan pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menanyakan bahan celengan tersebut. Lantas Fatma menjelaskan bahwa bahan celengan tersebut dari kertas koran bekas yang dilinting rapi, di lem, digambar, di cat sesuai dengan yang di inginkan.

“Saya juga sempat meminta maaf, karena tidak sempat menampilkan atau membuat gambar atau wajah Bapak Presiden di celengan tersebut, yaah semoga kelak ada kesempatan membuatkan dan memberikan kepada beliau, buat kenang-kenangan dari Kota Pasuruan apalagi yang membuat adalah teman-teman warga binaan yang memiliki pasion dan kreatifitas luar biasa ini,” ujar istri Wali Kota Pasuruan Gus Ipul itu.

Fatma berharap dengan dikunjunginya stand Kota Pasuruan di ajang bergengsi ini, Presiden dapat lebih mengetahui produk perajin dan UMKM Kota Pasuruan.
Dan semoga ekonomi kreatif di Indonesia ini bangkit kembali, masyarakat semakin mencintai produk dalam negeri.

Pameran kerajinan terbesar se-Asia Tenggara ini dikuti oleh kurang lebih 722 peserta yang terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan BUMN serta 150 toko secara daring.

“Alhamdulillah Bapak Presiden berkenan melihat stand kami, meskipun hanya sebentar saja, itu sudah sangat menyemangati kami dan tentu saja para perajin. Saya berharap pada pameran Inacraft 2022 ini Presiden dan juga masyarakat di seluruh Indonesia akan lebih mengenal atau mengetahui produk yang di hasilkan dari para perajin Kota Pasuruan,” kata founder Fatma Foundation itu mengakhiri. Info/red