PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Omicron Sengaja Disebarkan Melalui Pesawat Udara? Cek Fakta

kominfo cekhoaks hoaks disinformasi misinformasi varian omikron sengaja disebar chemtrail

Pustakalewi.com – Baru-baru ini beredar isu terutama di media sosial tentang Varian Omicron yang sengaja disebarkan melakui pesawat udara. Beberapa perbicangan yang diikuti Pustakalewi.com, menyebutkan bahwa di masyarakat di wilayah Madura sedang beredar isu pesawat terbang yang berputar-putar di wilayah Madura dan menyemprotkan cairan atau gas berisi Virus Corona varian Omicron.

Kabar ini tentu tidak benar dan melalui penjelasan Kominfo didapatkan fakta bahwa video pendek di media sosial TikTok yang bernarasikan bahwa varian Omicron sengaja disebarkan melalui chemtrail. Video berdurasi 9 detik itu memuat tiga foto berbeda. Pertama, menunjukkan produk berbungkus plastik bertuliskan Omikron. Kedua, foto sebuah pesawat yang berisi penuh dengan tabung dan foto ketiga adalah seorang pilot yang memegang stiker dengan hashtag: #TeamChemtrail.

Faktanya menunjukkan bahwa tiga foto yang dikolase dalam video itu tidak berkaitan satu sama lain, juga tidak berkaitan dengan munculnya varian Omicron. Nama Omikron dalam foto tersebut adalah nama merek perusahaan di Italia yang memproduksi material untuk plastik, produk otomotif dan lain-lain. Foto yang memperlihatkan tabung-tabung dalam badan pesawat ini, diambil dari foto karya fotografer Raimund Stehmann yang diambil pada 18 Oktober 2006. Sedangkan logo stiker yang dipegang pilot ini tertulis: TeamChemtrail #Spray and Pray merupakan badge yang diperjualbelikan secara online untuk mengolok-olok pendukung konspirasi chemtrail.

Copyright © 2021 PustakaLewi News All rights reserved.