PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Sakit Kepala Saat Bangun Tidur, Bisa Jadi Ini Penyebabnya 

sakit kepala

Surabaya – Kamu menderita sakit kepala saat bangun tidur? Ya itu dapat terjadi karena berbagai alasan. Namun, beberapa orang mengalami sakit kepala saat bangun tidur secara teratur. Apa penyebabnya?

Mengutip dari detik.com, orang dengan gangguan tidur 2 hingga 8 kali lebih berpotensi mengalami sakit kepala saat bangun tidur daripada mereka yang tidak memiliki gangguan tidur. Gangguan tidur yang disebabkan oleh kebiasaan mendengkur atau gejala sleep apnea menjadi sumber sakit kepala saat bangun tidur.

Kebiasaan mendengkur bisa menjadi suatu kondisi tersendiri atau gejala sleep apnea. Sleep apnea menyebabkan berhenti bernapas beberapa kali sepanjang malam. Umumnya, sakit kepala yang berhubungan dengan sleep apnea berlangsung kurang dari 30 menit.

Namun, dalam satu penelitian yang dilaporkan dalam Journal of American Medical Association, faktor lain timbulnya sakit kepala saat bangun tidur adalah kecemasan dan depresi.

Kecemasan dan depresi merupakan tanda kesehatan mental sedang terganggu, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko sakit kepala saat bangun tidur.

Jika merasa kondisi kesehatan mental sedang terganggu, segeralah mencari penanganan dokter. Kondisi ini nantinya dapat dikelola dengan terapi bicara, pengobatan, atau kombinasi perawatan.

Tentu hal itu membantu mengurangi timbulnya sakit kepala saat bangun tidur di kemudian hari. info/red