PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Peringati Hari Kanker Ganjar Nekat Cukur Gundul, Dukung Anak Pejuang Kanker

ganjar dukung pederita kanker

Surabaya – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, nekat akan mencukur gundul rambut putihnya, sebagai wujud dukungan kepada anak-anak pejuang kanker.

Cukur gundul tersebut akan dilakukan bersamaan dengan perayaan Hari Kanker Anak Sedunia, Senin (28/2/2022).

Ganjar menyampaikan itu lewat postingan di media sosialnya. Dalam video ia mengatakan, siap menerima video tantangan ‘Berani Gundul’ dari panitia peringatan Hari Kanker Anak Sedunia.

Video itu sendiri, yang membagikan adalah salah satu tokoh masyarakat Kota Semarang, Haryanto Halim.

“Video mas Haryanto Halim saya terima beberapa waktu lalu. Gimana, kalau besok saya mau ikut cukur gundul. Ada yang mau bantu donasi untuk anak-anak pejuang kanker? Nanti kalau iya, langsung kirim donasi ke nomor rekening Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia,” terang Ganjar.

Ia menjelaskan, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Jawa Tengah bakal menggelar  peringatan Hari Kanker Anak Sedunia Senin besok di Mal Paragon Kota Semarang.

“Yok ikut cukur gundul, dan donasi pada mereka sebagai tanda cinta untuk anak-anak pejuang kanker. Agar mereka tetap semangat dan lekas sehat. Yok lawan kanker pada anak. Better survival is achievable. Sehat semuanya ya,” pungkasnya.

Video unggahan Ganjar  langsung dibanjiri komentar warganet. Banyak warganet mendukung Ganjar dan mengapresiasi keberaniannya memutuskan cukur gundul rambutnya.

“Pak sampeyan kok idaman tenan to pak,” tulis akun @dimaspramana

Tapi tak sedikit pula yang keberatan dengan aksi cukur gundul Ganjar. Mereka tak rela, rambut putihnya dicukur habis sampai gundul.

“Wah bapak cukur gundul, kehilangan rambut putih ciri khasnya dong. Moga-moga tetep guanteng ya pak, tetap semangat,” timpal akun @ayusirodz.

“Jangan cukur gundul pak, tapi kita tetap donasi,” kata @deviagustina.

Haryanto Halim sendiri mengaku telah mengirimi video ke Gubernur terkait rencana peringatan Hari Kanker Anak Sedunia yang digelar Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia.

Dalam video itu, Haryanto meminta semua pihak untuk ikut bersimpati dan berempati pada anak-anak pejuang kanker dengan cara cukur gundul dan berdonasi.

“Ayo semua ikut gundul untuk menunjukkan empati dan mendukung mereka para pejuang kanker. Saya minta ke panitia, agar tokoh-tokoh juga diajak cukur gundul, misalnya pak Ganjar Pranowo atau pak Hendrar Prihadi, siapa tahu mereka mau dan bisa mengajak masyarakat lainnya,” kata Haryanto dalam video.

Ternyata video itu sampai ke Ganjar. Ganjar kemudian menjawab tantangan itu dan menyatakan siap cukur gundul untuk memberikan dukungan pada anak-anak pejuang kanker. info/red