PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Toyota Voxy 2022 Resmi Meluncur di Indonesia 

Surabaya – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Voxy pada 17 Februari 2022. Generasi terbaru ini punya banyak perubahan dari generasi sebelumnya, seperti penggunaan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-C yang diklaim lebih rigid dan ringan dan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 terbaru.

Nah, mungkin kamu penasaran kapan sih pertama kali Toyota Voxy muncul di Indonesia? Berikut perjalanan Toyota Voxy di tanah air.

Kalau ngomongin sejarah Voxy di Indonesia, sebenarnya mobil yang dijuluki baby Alphard tersebut dijual TAM untuk menggantikan kehadiran NAV1. Toyota NAV1 sendiri meluncur di Indonesia pada tahun 2012 dengan status CKD, tetapi sayangnya NAV1 kurang diminati masyarakat Indonesia.

Toyota NAV1 saat itu muncul untuk mengisi ruang di antara Kijang Innova dan Alphard. Akhirnya Toyota NAV1 pun dihentikan produksinya pada tahun 2016.

Setelah Toyota NAV1 disuntik mati pada 2016, TAM pun gak menunggu waktu lama untuk mendatangkan penggantinya yaitu Toyota Voxy.

Toyota Voxy pertama kali dilaunching pada 10 Agustus 2017, tepatnya di sebuah ajang pameran otomotif di kawasan Tangerang. Saat itu Toyota Voxy hanya punya 1 tipe saja dan dijual dengan harga Rp446 juta (OTR Jakarta).

Toyota Voxy pertama yang meluncur di Indonesia pada 2017 lalu sebenarnya bukan generasi pertama Toyota Voxy. Tetapi merupakan generasi ketiga dari Toyota Voxy global. Dan untuk All New Voxy 2022 yang baru meluncur beberapa hari lalu, adalah generasi keempat versi global.