PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ekspansi Pabrik, Avia Avian Siapkan Modal Rp 750 Miliar

avia avian pabrik

Surabaya – PT Avia Avian Tbk (AVIA) siapkan dana hingga Rp 750 miliar yang akan digunakan sebagai modal membangun pabrik baru dan juga kebutuhan modal kerja. Pabrik baru yang berlokasi di Cirebon itu dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2025.

Presiden Direktur AVIA Wijono Tanoko menjelaskan, total dana yang dianggarkan untuk pabrik Cirebon akan dibagi dalam tiga tahun.

Tahun 2022, perseroan akan menganggarkan sebanyak Rp 254 miliar, kemudian untuk tahun selanjutnya sebesar Rp 426 miliar. Sedangkan sisanya dianggarkan untuk tahun 2024.

Capex itu sesuai dengan tujuan penggunaan dana IPO,” kata Wijono Tanoko dalam keterangannya kepada Investor Daily, Kamis (17/2/2022).

Wijono menambahkan, pabrik baru tersebut dijadwalkan beroperasi pada tahun 2025 dengan penambahan kapasitas produksi diperkirakan sekitar 100.000 ton per tahun.

Jumlah itu akan terus meningkat hingga 225.000 ton per tahun dalam waktu 2 sampai 3 tahun, sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, pada tahun ini perseran juga akan menambah setidaknya 6 hingga 8 pusat distribusi baru per tahun selama 5 tahun kedepan.

Mengenai market share, berdasarkan data terakhir dari Frost & Sullivan pada tahun 2020, Avian masih menjadi yang terbesar dengan penguasaan pasar sekitar 20% dan pertumbuhan penjualan lebih dari 18% pada tahun 2021.

“Kami optimistis pangsa pasar kami semakin meningkat, tentunya hal ini juga didukung oleh peluncuran produk baru dan perluasan jaringan distribusi kami,” ujarnya. info/red