PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Para Pemuda Gelar Umbul Donga Sambut Hari Jadi ke-277 Kabupaten Pacitan

74 800x445 1

Pacitan – Suasana Minggu sore di kompleks Pendopo Kabupaten Pacitan terasa berbeda. Halaman pendopo nampak ramai oleh sekumpulan orang mengenakan baju khas lurik dengan ikat kepala senada.

Mereka duduk bersila terbagi menjadi 2 kelompok saling berhadapan. Tak lama berselang terdengar lantunan dzikir, pembacaan Maulidul Rosul berlanjut Mahalul Qiyam. Diiringi rampak tetabuhan simtud dhuror dari para santri Ponpes Tremas, sholawat Nabi menggema penuh khusyuk.

Sekilas tak biasa, acara religi ini sengaja
dilaksanakan di halaman terbuka pendopo kabupaten atas prakarsa para pemuda Pacitan.

Bertajuk Umbul Donga para pemuda yang tergabung dalam KNPI dan Karang Taruna menggelar doa bersama dalam.rangka Hari Jadi ke-277 Kabupaten Pacitan.

Turut hadir Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji bersama Wakil Bupati Pacitan Gagarin, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten Sekda, Camat, Kepala Desa/Lurah serta ketua Karang Taruna se Kabupaten Pacitan.

“Terimakasih kepada pemuda yang sudah memiliki rasa memiliki Kabupaten Pacitan. Acara sore ini adalah bentuk cinta kita semua untuk Pacitan. Mudah mudahan apa yang diharapkan khususnya untuk kesejahteraan masyarakat Pacitan mendapat ridlo Allah SWT,” kata Bupati, Minggu (13/02/22).

Umbul Donga Pemuda Pacitan merupakan rangkaian dari acara Krida Sinoman dengan ragam kegiatan seperti jalan sehat, bikers Pacitan, senam pemuda Pacitan, pemutaran film pendek serta pentas budaya. Acara berakhir dengan kembul buceng sebanyak 277 sesuai usia hari jadi Kabupaten Pacitan.

Sebelumnya pada Minggu pagi, masih dalam Rangka Hajatan 277, Mas Aji gowes bareng Komunitas Sepeda Tua. Ratusan pecinta sepeda tua (onta) dari beragam komunitas di Kabupaten Pacitan, ambil bagian.

Bupati memberangkatkan gowes dari Pendopo Kabupaten. Orang nomor satu di Pacitan itu pun turut gowes bersama peserta mengelilingi jalanan kota Pacitan.

Menaiki sepeda tua miliknya, Mas Aji mengenakan busana tradisional lengkap
dengan ikat blangkon kreasi.

Pun demikian, dengan peserta lain yang didominasi usia sepuh juga memakai kostum kebesarannya yang antik nan unik lengkap asesoris.

Ada busana tradisional jawa sorjan lengkap dengan blangkon, ada juga yang menggunakan baju seragam bertema perjuangan.

Untuk urusan sepeda jangan pandang sebelah mata, karena meski usianya sudah puluhan tahun, sepeda-sepeda itu memiliki brand terkenal bahkan masih orisinil.

Beberapa komunitas yang hadir diantaranya, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Pasero Tanjungsari, Datuparimba Arjosari, Komunitas Pasar Beling Sukoharjo, Paguyuban Ontel Pacitan (POP) serta Komunitas Onta Sawiji Desa Widoro.

Masih di hari yang sama pula, Bupati Pacitan membuka Sport Fun Jalan Sehat Sunday Morning di Alun-Alun Pacitan.

Kegiatan yang merupakan rangkaian acara Krida Sinoman Pemuda Pacitan ini diselenggarakan oleh organisasi kepemudaan Pacitan yaknj KNPI dan Karang Taruna Kabupaten Pacitan dalam rangka Hari Jadi ke-277 Kabupaten Pacitan. Info/red