PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Danlanud Halim Perdanakusuma Buka Latihan Survival Dasar Untuk Awak Pesawat

1258353833

Surabaya – Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI Bambang Gunarto, S.T.,M.M.,M.Sc secara resmi membuka Latihan Survival Dasar T.A 2022 di Hanggar Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (14/2/2022).

Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., saat memberi pengarahan pada apel gelar kesiapan latihan survival dasar, mengatakan
Latihan Survival Dasar ini, merupakan salah satu perwujudan pelaksanaan tugas pokok Lanud Halim Perdanakusuma khususnya dalam hal pembinaan kemampuan operasi para personelnya.

“Laksanakan latihan seolah-olah mengalami keadaan sesungguhnya, agar kemampuan kalian ke depan tetap terpelihara dengan baik serta program latihan terlaksana dengan lancar,” ungkap Danlanud.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan awak pesawat ketika harus menghadapi kemungkinan kondisi darurat yang diperkirakan akan terjadi, serta melatih kemampuan fisik dan mental dalam bertahan hidup saat mengalami keadaan darurat di daerah terbatas sebelum datangnya pertolongan melalui mekanisme pemberian pengetahuan dalam pemahaman/penguasaan teori dasar survival yakni pengetahuan prinsip SERE ( Survival, Evasion, Resistance dan Escape).

Kegiatan Latihan ini mengambil lokasi di sekitar lingkungan Lanud Halim Perdanakusuma, yang akan berlangsung hingga empat hari kedepan diikuti oleh 56 orang personel yang telah dibagi dalam beberapa kelompok yang disusun sedemikian rupa mirip dengan komposisi awak pesawat.

Selama latihan, para peserta akan mendapatkan materi tentang teori bertahan hidup meliputi jungle survival, ilmu peta, kompas siang, HTF, kompas malam, berbivak, speed march, pandu udara dan evakuasi medis udara, ilmu tumbuhan dan hewan, teori rapling, tali-temali dan teori sea survival.

Pelaksanaan latihan sendiri tetap menerapkan protokol kesehatan, dimana sebelum latihan dimulai, seluruh personel yang terlibat didalamnya telah dites swab antigen terlebih dahulu. Info/red