PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Read Aloud Surabaya Berbagi Kebahagiaan Bersama Penghuni Panti Asuhan Kasih Agape 

readaloud agape

Surabaya – Read Aloud Surabaya (RA Surabaya) bersama Hotel Deka Surabaya, Auto2000 dan Asuransi Astra Surabaya menggelar Aksi Sosial berbagi kebahagiaan bersama penghuni Panti Asuhan “Kasih Agape” di Jalan Pakis Gunung Surabaya.

Yuliana Sidharta selaku Ketua Komunitas RA Surabaya mengatakan Aksi Sosial tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan RA Surabaya sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang kurang mampu terutama anak-anak.

“Kami ingin mengajak anak-anak belajar bersama. Agar bisa tumbuh dan meraih mimpi. Meskipun memiliki keterbatasan karena kondisi, tapi anak-anak memiliki semangat yang luar biasa,” ucap wanita yang akrab disapa Kak Jules, Sabtu, (12/02/22).

Kak Jules, memberikan donasi buku dan rak, selain mengajak 60 anak panti dari tingkat SD, SMP hingga SMA belajar dan bermain bersama dengan metode Read Me Aloud (Membaca Nyaring). Agar, belajar semakin menyenangkan.

Meskipun tempat yang sempit dan terbatas, acara berlangsung seru dan meriah. Apalagi ketika Tim RA Surabaya yakni Kak Indah mengajak anak-anak bercerita dengan menggunakan kostum binatang yang membuat mereka tertarik dan ikut bermain bersama.

Sedangkan, Kak Woro yang memiliki nama lengkap Dyah Woro Pratiwi Membaca Nyaring berjudul “Wusss Wusss” si Karet Gelang Merah membuat anak anak terbius dan terpesona dengan cerita tersebut.

Untuk memeriahkan acara, Tim RA Surabaya juga mengajak anak-anak bermain gelang karet serta memberikan games dengan memberikan banyak hadiah menarik dari Astra Asuransi dan Auto2000. Sehingga, anak anak antusias untuk bermain bersama.

Debora pengurus Panti Kasih Agape mengucapkan terima kasih mengapresiasi RA Surabaya yang peduli dengan anak anak Panti Asuhan.

Menurut Debora, anak-anak memang membutuhkan uluran tangan para dermawan. Tapi, mereka juga butuh perhatian serta teman untuk belajar dan bermain.

“Kedatanga RA Surabaya ini membuat anak anak senang. Karena selain diberikan buku juga diajak bermain dan bercerita dengan metode Membaca Nyaring yang seru dan menyengkan. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih,” tandas Debora.

RA Surabaya berharap melalui kegiatan Aksi Sosial disertai metode Read Aloud atau Membaca Nyaring dan bermain bersama bisa meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia. Juga mempererat hubungan baik anak terhadap orang tua maupun anak terhadap teman bermainnya.

Perlu diketahui, Read Aloud atau Membaca Nyaring adalah metode mengajarkan membaca yang paling afektif untuk anak anak. Karena, bisa mengkondisikan otak anak anak membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan.

Melalui metode tersebut, RA Surabaya ingin mengajak anak anak bisa kembali gemar membaca buku. Karena dengan membaca anak anak bisa memiliki wawasan yang lebih luas. info/red