PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ini Penjelasan Menaker Terkait JHT Bisa Dicairkan Setelah Usia 56

Bpjs Tk

Surabaya – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengeluarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT).

Dalam Permenaker tersebut dijelaskan bahwa dana JHT baru bisa dicairkan saat pegawai berusia 56 tahun atau memasuki masa pensiun. Aturan ini mendapat banyak penolakan, terutama dari serikat buruh.

Terkait permenaker tersebut, Ida Fauziyah menjelaskan bahwa tujuan JHT adalah untuk menjamin adanya uang tunai di hari tua. Karenanya, klaim JHT seharusnya tidak dilakukan sebelum masa hari tiba. Namun dijelaskan Menaker, klaim JHT dapat diambil sebagian untuk persiapan memasuki usia pensiun dengan ketentuan telah memenuhi masa kepesertaan minimal 10 tahun, dan nilai yang diklaim yaitu sebesar 30% untuk perumahan atau 10% untuk keperluan lainnya.

“Jadi asalkan sudah memenuhi masa kepesertaan tersebut, peserta dapat mengklaim sejumlah nilai persentase tersebut. Ini berlaku bagi peserta baik yang masih bekerja atau yang mengalami pemutusan hubungan kerja, sisanya diambil pada saat peserta memasuki usia pensiun, dalam hal ini ditentukan 56 tahun,” jelas Menaker Ida, Sabtu (12/2/2022).

Selain karena memasuki usia pensiun, lanjut Ida, klaim JHT juga dapat dilakukan bila peserta meninggal dunia (diajukan oleh ahli warisnya) atau peserta mengalami cacat total tetap. info/red