PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

DPD REI Jatim Optimis Pasar Properti Tumbuh di 2022

dpd rei solutif

Surabaya – DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Timur optimistis pasar properti akan tetap tumbuh di 2022. Bahkan pertumbuhannya diyakini akan lebih tinggi dibandingkan 2021.

”Tahun 2021 mulai Agustus sampai akhir tahun penjualan properti sudah mulai meningkat. Kami yakin tahun ini bisa mencapai 20 persen growth-nya,” ujar Ketua DPD REI Jatim, Soesilo Efendy seusai acara “Solutif, Senior Luar Biasa Inspiratif” di Surabaya, Rabu (2/2/2022). Optimisme ini dikatakan Soesilo didasari beberapa faktor.

Pertama yaitu fungsi properti khususnya rumah sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia selain pangan dan sandang. Kemudian ditunjang dengan adanya beberapa relaksasi yang diluncurkan pemerintah seperti perpanjangan pemberlakuan PPN DTP (Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah) serta turunnya suku bunga kredit perumahan.

”Selain itu, penjual rumah juga sudah mulai pintar. Mereka sudah tahu bagaimana trik penjualan di masa pandemi seperti sekarang ini,” tuturnya.

Sementara itu, untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya, properti di area Gresik Selatan juga sudah mulai tumbuh dan menarik minat pembeli. Menurut Soesilo ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Diantaranya kedekatan dengan Surabaya, infrastruktur yang mendukung serta kualitas air bersih yang direncanakan akan mendapatkan suplay dari mata air Umbulan.

Beberapa pengembang besar, dikatakan Soesilo juga sudah mulai menggarap area tersebut. Mulai dari perumahan kelas menengah hingga segmen menengah atas sudah mulai bermunculan.

Mengenai kegiatan Solutif sendiri, Soesilo mengatakan merupakan agenda silaturahmi dan memberikan kesempatan belajar pelaku industri properti kepada para senior. ”Acara ini sebenarnya sudah digagas sejak 2020 dan yang hadir ketika itu adalah Pak Sugiat, ketua DPD REI Jatim tahun 1990-1993,” tuturnya.

Sedangkan pada hari ini, senior yang dihadirkan adalah Sutoto Yakobus. Mantan Ketua DPD REI Jatim 2005-2008 sekaligus Senior Director Ciputra Group.

”Kami menyambut positif inspirasi dari Jatim ini. Dan kami juga selalu berupaya mendukung REI,” tutur Sutoto. Pada kesempatan tersebut Sutoto menyampaikan perjalanan karirnya di bidang properti serta pasang surut yang dihadapi selama menjalankan usahanya. Termasuk ilmu yang banyak ia terima dari Ciputra, pengusaha properti kenamaan yang sekaligus merupakan pendiri REI.  Info/red