PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

PT Bukit Darmo Property Tbk Optimis Knerja Meningkat di 2022

lenmarc mall

Surabaya – PT Bukit Darmo Property Tbk (BKDP) menargetkan perjualan sebesar Rp 90 miliar pada tahun 2022 ini. Sekitar 60% dari target tersebut merupakan sumbangan dari sewa dan penjualan tenant mal, perkantoran dan apartemen.

Direktur PT Bukit Darmo Property Tbk Brasada Chandra mengatakan, pihaknya melihat peluang yang cukup besar untuk meningkatkan kinerja tahun ini seiring membaiknya ekonomi sejak 2021 lalu yang berdampak pada peningkatan sewa unit kantor dan apartemen.

“Beberapa perusahaan asing yang menyewa unit kantor dan apartemen di properti kami mulai meningkat, jadi kami optimistis tahun ini kinerja kami akan meningkat dengan target penjualan Rp 90 miliar, dengan sekitar 60% diantaranya dari sewa unit perkantoran dan apartemen dan sisanya dari Lenmarc Mall Surabaya,” kata Brasada, di Surabaya, Selasa (25/01/2022).

Brasada mengatakan, pandemi Covid-19 sangat memukul bisnis mal, Lenmarc Mall Surabaya yang menyebabkan perusahaan mengalami kerugian Rp 3 miliar.

Banyak tenant yang minta relaksasi seperti penundaan pembayaran sewa atau service charge. Sementara perusahaan tetap menanggung beban membayar karyawan dan listrik.

“Kita tutup sebulan, tidak ada relaksasi pembayaran listrik atau pajak. Jadi beban kita meningkat, income turun yang menyebabkan kinerja kita di 2021 lalu menurun,” katanya.

Dengan pertimbangan itu, lanjut Brasada, perusahaan menunda proyek hotel sampai waktu yang belum ditentukan. “Kami putuskan melakukan penundaan proyek hotel. Mengingat kondisi pasar hotel juga masih belum bagus,” tandas Brasada.

Direktur PT Bukit Darmo Property Tbk Lenna Sumampow, menambahkan pihaknya telah mendorong kembali tenant baru untuk segera operasional di Lenmarc Mall. Di antaranya arena bermain anak-anak, KidZilla, Muses resto & bar, Ahjumma’s Kitchen dan Blackhote KTV Club.

Selain itu, tambah Lenna, perusahaan juga melakukan renovasi mal dengan menambah area sewa baru terutama area outdoor sesuai dengan kondisi new normal di tengah pandemi saat ini. Perusahaan menyiapkan investasi senilai Rp 55 miliar untuk renovasi itu.

“Untuk membuat fairway dan renovasi ground floor. Nantinya di fairway ini akan ada tenant-tenant Food and Baverage kekinian,” tambahnya. Info/red