PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Tingkatkan Minat Baca, Read Aloud Surabaya Ajak Membaca Bersama Dengan Nyaring

read aloud papilio

Surabaya,pustakalewi.com – Dalam rangka turut mendukung pendidikan anak anak Indonesia khususnya meningkatkan minat baca terhadap buku, Komunitas Read Aloud Surabaya (RAS) kembali menggelar kegiatan peduli pendidikan “Read Me Aloud” atau membaca nyaring.

Kegiatan Read Me Aloud dengan konsep Meet & Greet Member RAS bertema “Lebih Dekat Dengan Read Aloud” akan diadakan pada Minggu, 16 Januari 2022 nanti di Best Western Papilio Hotel Surabaya.

Yuliana Sidharta Ketua Komunitas RAS mengatakan bahwa, kegiatan peduli pendidikan dengan metode Read Aloud ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap bulan. Baik, membacakan nyaring juga memberikan donasi buku serta memberikan edukasi kepada para guru dan orang tua.

“Read Aloud adalah metode mengajarkan membaca yang paling afektif untuk anak anak. Karena, bisa mengkondisikan otak anak anak membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan,” kata wanita yang akrab disapa Kak Jules ini.

Melalui metode tersebut, lanjut Kak Jules, RAS ingin mengajak anak anak bisa kembali gemar membaca buku. Karena dengan membaca kita bisa memiliki wawasan yang lebih luas serta ilmu baru.

“Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengajak anak anak gemar membaca. Namun, itu semua membutuhkan peran serta para orang tua, guru dan seluruh eleman masyarakat. Agar,  metode Read Aloud ini bisa efektif untuk menarik minat baca anak anak,” terangnya.

Maraknya gadget di era digital makin menurunkan minat baca anak anak. Terlebih lagi, masa pandemi mengharuskan anak anak belajar secara daring dengan bantuan gadget. Oleh karena itu, melalui program Read Me Aloud diharapkan mampu membuat anak anak semakin gemar membaca. Serta, mampu mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

“Saya mewakili teman teman RAS menyampaikan terima kasih atas dukungan dan support dari pihak Best Western Papilio Hotel Surabaya, Alfamidi, Auto2000 Kertajaya, Satria Roti Surabaya dan Snack Rocky dari Frend Kuliner yang turut peduli terhadap pendidikan anak anak,” tandasnya.

Elmi Anggraeni perwakilan Best Wester Papilio Hotel Surabaya mengaku bangga bisa turut berpartisipasi dalam kegiatan peduli pendidikan anak anak yang digagas oleh Komunitas RAS. Menurutnya, Best Bestern Papilio Hotel selalu mendukung kegiatan positif terutama dalam hal turut mencerdaskan pendidikan anak anak.

“Semoga, melalui kegiatan ini bisa membangkitkan kembali semangat anak anak untuk gemar membaca. Sehingga, anak anak Indonesia semakin cerdas dan menjadi generasi penerus bangsa yang kreatif,” ungkap Elmi.

Dalam kegiatan Meet & Greet Member RAS nanti akan ada berbagai acara menarik dan seru seperti, Pelatihan Read Aloud, Membaca Nyaring Bersama Anak Anak, Pembagian Donasi Buku, Game dan Door Prize untuk anak anak.

Selain disupport oleh Best Western Papilio Hotel Surabaya, acara Meet & Greet Member RAS juga di dukung oleh pihak pihak yang peduli akan pendidikan anak anak Indonesia seperti Alfamidi, Auto2000 Kertajaya Surabaya, Satria Roti Surabaya dan Snack Rock’s dari Frend Kuliner. Info/red