PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Tekan Angka Anak Stunting, Kecamatan Jambangan Gelar Posyandu ASIK

posyandu jambangan

Surabaya – Sebagai upaya untuk menekan angka pada anak Stunting di Wilayah Kecamatan Jambangan. Kali ini Kecamatan Jambangan menggelar kegiatan Pos Pelayanan Terpadu ( Posyandu ) bagi anak Stunting.

Bertempat di Gedung Pendopo Kecamatan, kegiatan bertema Posyandu Anak Pintar Sehat dan Kreatif ( Asik ) adalah salah satu Inovasi yang di inisiasi oleh Kecamatan Jambangan.

Camat Jambangan , Annita Hapsari Oktorina Sesoria, S.STP mengatakan. Bahwa kegiatan ini adalah sebagai wujud kepedulian Kecamatan terhadap keberadaan anak – anak Stunting.

Dijelaskan Annita sapaan akrab Annita Hapsari Oktorina Sesoria. Bahwa kegiatan Posyandu kali ini tidak jauh beda dengan Format kegiatan posyandu pada umumnya.

” Kita sediahkan meja satu hingga empat yang mana meja tersebut untuk konseling serta pemberian makanan tambahan bagi anak Stunting,” kata Annita ditemui Kabaraktualita.com pada Rabu ( 12/1/2022 ).

Menurutnya, asupan makanan tambahan yang diberikan kepada anak Stunting ini sebelumnya sudah dikontrol oleh ahli gizi dari medis.

” Pemberian makanan tambahan ini sudah di cek oleh ahli gizi puskesmas, bahwa asupan gizi yang diberikan sudah sesuai dengan anak Stunting untuk pertumbuhannya,” ujar perempuan mantan Sekretaris Kecamatan Asemrowo.

” Selain itu ,kita juga memberikan vitamin dan makanan tambahan yang nantinya dapat diolah dirumah,” imbuhnya.

Terlebih menurut Annita, bahwa kedepannya kegiatan tersebut akan berubah pola, hal ini seiring perkembangan anak Stunting di kecamatan jambangan sudah dirasa tidak ada.

” Mana kala di kecamatan jambangan nol Stunting , maka pola kegiatan posyandu kita ubah kondisi pada saat itu,” tandasnya.

Ia menerangkan, kegiatan posyandu anak Stunting ini akan digelar selama sebulan sekali, jika ada anak Stunting  tidak bisa datang ke Kecamatan .Pihaknya akan membantu Transportasi bagi anak tersebut.

” Apabila ada anak Stunting yang kesulitan transportasi pada kegiatan posyandu di kecamatan, kecamatan jambangan telah memberdayakan binaan becak IPSM untuk menjemput anak Stunting ini,” terangnya.

Diungkapkan Annita, bahwa kegiatan ini diikuti  sebanyak 25 anak Stunting pada kegiatan Posyandu ini diharapkan orang tua dapat memahami bahwa Anak Stunting ini bisa disembuhkan asal diberikan asupan pola makanan yang seimbang atau gizi makanan yang memadai.

” Kegiatan posyandu ini kita juga menghadirkan tim ahli gizi dan tenaga kesehatan puskesmas untuk konseling terkait pertumbuhan dan perkembangan anak Stunting sudah difasiltasi di posyandu ini ,sehingga orang tua anak Stunting tidak merasa minder,” pungkasnya.

Kegiatan Posyandu yang menerapkan Protokol Kesehatan  ini melibatkan Pihak Puskesmas, Tim Penggerak PKK, Kader IMP, PLKB , KIM, TKSK, Korami dan Polsek se – wilayah Kecamatan Jambangan. Info/red