PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Maskapai Susi Air Buka Rute Banyuwangi – Sumenep PP

susi banyuwangi sumenep

Banyuwangi – Kondisi cuaca cerah yang sebelumnya sempat turun hujan di Bandara Trunojoyo Sumenep mengiringi Launching Penerbangan Perintis Perdana rute baru pesawat Cessna Grand Caravan milik Maskapai Susi Air dari Sumenep ke Banyuwangi.

Pesawat yang berkapasitas maksimal 12 penumpang orang melaju lepas landas secara sempurna menuju Bandar Udara Internasional Banyuwangi, Selasa (11/01/2022).

Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah berkesempatan ikut dalam penerbangan perdana perintis rute baru.

Namun sebelum terbang, Wabup Sumenep meresmikan dengan seremonial memecahkan kendi di dampingi Kepala Bandar Udara Trunojoyo Muhammad Arqodri Arman, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumenep Adi Tyogunawan, SH., MH., Ketua DPRD H. Abdul Hamid Ali Munir, SH beserta perwakilan dari Kodim 0827/Sumenep dan Polres Sumenep.

Wabup Sumenep berharap dengan adanya empat rute baru penerbangan perintis dapat membangkitkan sektor ekonomi dan berbagai sektor strategis lainnya di Kabupaten Sumenep.

Empat rute baru penerbangan perintis yang melintasi Bandara Trunojoyo Sumenep diantaranya adalah Surabaya – Bawean (PP), Bawean – Sumenep (PP), Sumenep – Banyuwangi (PP), Sumenep – Pagerungan (PP).

Sesampainya pendaratan di Bandar Udara Internasional Banyuwangi Wakil Bupati Sumenep disambut langsung oleh Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah.

Adapun jadwal penerbangan beroperasi Susi Air sebanyak dua kali dalam sepekan, pada Selasa dan Rabu, dengan waktu tempuh 45 menit. Untuk hari Selasa, pesawat berangkat dari Sumenep pukul 12.20 WIB, dan tiba di Bandara Banyuwangi pukul 13.05 WIB.

Dari Banyuwangi, pesawat bertolak pukul 13.15 WIB, dan tiba di Sumenep pukul 14.00 WIB. Sementara untuk hari Rabu, pesawat berangkat dari Sumenep pukul 10.40 WIB, dan tiba di Banyuwangi pukul 11.25 WIB. Sebaliknya, dari Banyuwangi pesawat berangkat pukul 11.35 WIB, dan tiba di Sumenep pukul 12.20 WIB.

Kepala UPBU Trunojoyo, Moh. Arqodri Arman, mengatakan rute ini dibuka sebagai solusi atas permasalahan waktu tempuh perjalanan darat dari Banyuwangi menuju Madura yang memakan waktu lebih dari sepuluh jam.

“Dengan penerbangan ini, Banyuwangi-Sumenep hanya butuh waktu 45 menit, sehingga lebih efektif,” imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah menyambut baik adanya penerbangan perintis rute Banyuwangi-Sumenep oleh Susi Air.

Setelah melalui proses panjang, pihaknya bersyukur akhirnya cita-cita Pemkab Banyuwangi untuk memperluas aksesibilitas dengan Pemkab Sumenep bisa terwujud.

“Hadirnya penerbangan ini semakin mempermudah transportasi masyarakat dari dan ke Madura, serta membuka peluang bisnis yang lebih luas untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di dua daerah,” kata Wabup. info/red