PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ini Penampakan Desain Final Istana di IKN Yang disetujui Jokowi

istana ikn

Surabaya – Desain final bangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Baru, di Kabupaten Penajam Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) karya seniman Nyoman Nuarta telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Desain Istana IKN yang telah final disambut dengan sukacita, dan telah disetujui Presiden,” demikian ditulis desainer Istana Negara IKN Nyoman Nuarta dikutip dalam akun Instagram pribadinya Jumat (7/1/2022).

Nyoman menjelaskan, pada 3 Januari 2022, pihaknya diundang ke Istana Merdeka Jakarta Pusat untuk mempersentasikan desain Istana Negara IKN Baru tersebut kepada Presiden Jokowi. Acara itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, yaitu Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti. “Gambar sewaktu saya mendapat undangan presentasi di Istana Merdeka tanggal 3 Januari, bersama Mensesneg, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), dan Ibu Dirjen Cipta Karya,” kata Nyoman.

Nyoman juga berterima kasih atas segala dukungan untuk dapat menciptakan karya orisinil yang tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek konial.

“Terima kasih atas sambutan terhadap desain Istana IKN, memang saya sadar tidak mungkin bisa memuaskan semua, bangsa yang besar ini, saya harus realistis saja ada yang senang ada yang tidak, yang penting lebih banyak yang berkomentar positif, terima kasih,” kata Nyoman. info/red