PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Partai Gerindra Memanas, Mantan Kader Gugat Ketum Prabowo

prabowo

Surabaya – Setiyadji Setyawidjaja dan Afrizal Lana, dua mantan kader Partai Gerindra menggugat Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto senilai lebih dari Rp 1 triliun atas pemecatan mereka sebagai anggota partai. Gugatan tersebut diajukan keduanya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jaksel yang diakses pada Kamis (2/12/2021), gugatan Setiyadji yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Blora periode 2019-2024 terdaftar dengan nomor perkara 1092/Pdt.Sus-Parpol/2021/PN JKT.SEL.

Dalam gugatannya, Setiyadji menggugat tiga pihak, yakni, DPP Partai Gerindra dalam hal ini Prabowo Subianto sebagai Ketua DPP Partai Gerindra selaku tergugat I, Ketua Majelis Kehormatan DPP Gerindra Habiburokhman selaku tergugat II, serta Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Abdul Wachid selaku tergugat III.

Setiyadji tidak terima dipecat dan meminta majelis hakim PN Jaksel menyatakannya sah sebagai anggota Partai Gerindra dan Fraksi Partai Gerindra di DPRD Kabupaten Blora periode 2019-2024 serta memerintahkan tergugat I, tergugat II, dan tergugat III untuk merehabilitasi harkat, martabat, dan kedudukannya seperti semula.

Selain itu, Setiyadji juga meminta PN Jaksel menghukum tergugat I, tergugat II, dan tergugat III secara bersama-sama untuk membayar ganti rugi secara tunai kerugian materiil senilai Rp 1,1 miliar dan kerugian immateriil senilai Rp 500 miliar.

Sementara, gugatan Afrizal terdaftar dengan nomor 1079/Pdt.Sus-Parpol/2021/PN JKT.SEL. Afrizal menggugat DPP Partai Gerindra selaku tergugat I dan Reinova Serry Donie selaku tergugat II. Selain itu, ada juga turut tergugat I DPC Gerindra Depok, turut tergugat II KPU Depok, dan turut tergugat III Bawaslu Depok.

Dalam gugatannya, Afrizal juga tidak terima dipecat sebagai anggota Partai Gerindra dan meminta majelis hakim PN Jaksel menghukum DPP Partai Gerindra untuk menyatakan dirinya tetap sebagai anggota Partai Gerindra serta memulihkan nama baiknya. Selain itu, Afrizal juga meminta PN Jaksel menghukum DPP Partai Gerindra dan Reinova Serry Donnie secara tanggung renteng membayar ganti rugi materiil, sebesar Rp Rp 500 miliar dan kerugian imateriil, sebesar Rp 100 miliar.