PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Mike Tyson Bakal Jadi Duta Ganja

Mike tyson

Surabaya – Malawi telah meminta bintang tinju Mike Tyson untuk menjadi duta resmi tanaman ganja negara itu. Seperti dilaporkan BBC, Kamis (25/11/2021), Menteri Pertanian Lobin Low telah mengirim surat undangan kepada Tyson.

Low dikabarkan mengundang Tyson untuk mengambil peran Duta Ganja, dan mengatakan legalisasi ganja di Malawi telah menciptakan peluang baru.

Tyson yang dikenal sebagai mantan juara dunia kelas berat, adalah seorang pengusaha dan telah berinvestasi di pertanian ganja di Amerika Serikat (AS).

Namun langkah pemerintah Malawi dikritik oleh beberapa pihak karena mantan petinju itu dipenjara karena pelanggaran seks pada 1990-an.

“Malawi mungkin tidak berjalan sendiri karena industrinya kompleks [dan membutuhkan] kolaborasi. Oleh karena itu, saya ingin menunjuk Anda, Tuan Mike Tyson, sebagai duta Cabang Ganja Malawi,” tulis Lowe.

Menurut kementerian pertanian, Asosiasi Ganja Amerika Serikat memfasilitasi kesepakatan dengan Mike Tyson.

Kepala cabang asosiasi ganja AS di Malawi, Wezi Ngalamila, mengatakan kepada BBC bahwa mantan petinju itu telah menerima undangan tersebut dan rencananya sedang dilakukan untuk mengunjungi negara tersebut.

“Tyson akan bekerja sama dengan kami,” katanya.

Malawi melegalkan penanaman dan pemrosesan ganja untuk penggunaan obat tahun lalu, tetapi tidak melegalkannya untuk penggunaan pribadi.

Kementerian pertanian Malawi telah mendorong para petani untuk menanam ganja untuk tujuan pengobatan serta rami untuk penggunaan industrial.

“Pemerintah berharap dukungan Tyson akan mengikat beberapa investor dan bahkan pembeli potensial,” kata juru bicara kementerian Gracian Lungu kepada kantor berita AFP.

Berbagai jenis ganja yang ditanam secara lokal dijuluki ”emas Malawi”- terkenal oleh pengguna rekreasi di seluruh dunia.

Tyson mengatakan merokok ganja membantu meningkatkan kesehatan mentalnya dan mengubah hidupnya. Beberapa penelitian, bagaimanapun, telah menyebut merokok ganja ampuh dapat meningkatkan risiko penyakit mental yang serius.

Pusat Akuntabilitas Publik (CPA), satu kelompok masyarakat sipil Malawi, mengkritik langkah terbaru karena kejahatan Tyson sebelumnya.

Mantan petinju itu dipenjara pada tahun 1992 setelah dihukum karena pemerkosaan di Indiana. Dia dibebaskan pada 1995 setelah menjalani hukuman kurang dari tiga tahun.

“CPA gagal memahami mengapa Malawi menginginkan seorang pemerkosa terpidana sebagai duta mereknya, terutama saat ini, ketika upaya untuk mengekang kekerasan terhadap perempuan adalah bagian dari agenda pemerintah,” kecam penjabat direktur CPA, Kondwani Munthali. info/red