PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

KBRI Paris Gelar Pekan Budaya Indonesia di Kota Perenchies

kbri paris

Surabaya – KBRI Paris menggelar Pekan Budaya Indonesia di Kota Perenchies, Paris, Prancis. Acara tersebut terselenggara berkat kerja sama Asosiasi Sourire d’Indonesie.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, Prancis, Warsito dalam siaran pers, Rabu (24/11/21) menjelaskan, kegiatan itu memperkenalkan pendidikan dan budaya Indonesia kepada siswa SD dan SMP di Prancis.

“Selama sepekan, lebih dari 400 murid sekolah dasar dan menengah menerima materi penjelasan tentang Indonesia, khususnya Jawa dan Bali. Kegiatan ini nantinya menjadi agenda tahunan, sebagai bagian dari promosi Indonesia,” tuturnya.

Ditambahkan, keterlibatan Asosiasi Sourire d’Indonesie di Kota Perenchies dalam Pekan Budaya Indonesia, karena komitmen mereka yang tinggi dalam memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Prancis. Tak hanya itu, asosiasi juga aktif membantu anak-anak dan rehabilitasi sekolah di Desa Apuan, Tabanan Bali.

Materi tentang geografi, pendidikan dan sosial budaya Indonesia disajikan dalam poster dan presentasi video. Perhelatan digelar pada 15-20 November 2021 di aula gedung pertemuan kota.

Presiden Asosiasi Sourire d’Indonesie, Francette Waterblez melaporkan, kegiatan akan menjadi agenda tahunan guna mendekatkan para siswa di Perenchies dengan Indonesia. “Terimakasih atas dukungan KBRI Paris hingga terselenggaranya acara yang bagus ini,” ujarnya.

Kegiatan ini ditutup dengan malam seni budaya yang dihadiri sekitar 175 orang peserta. Mereka perwakilan tokoh masyarakat, guru dan murid. Pada malam seni budaya, ditampilkan beragam seni tari asal Jawa dan Bali.

Tari Sesaji dari Bali ditampilkan warga Perenchies yang sebelumnya mengikuti pelatihan tari. Para penari profesional lainnua menampilkan tari Jathilan, tari Kembang Girang, Jaipongan dan tari topeng. Selain juga ditampilkan video tentang Indonesia dan destinasi wisata di Indonesia.

Sebagai informasi, Perenchies adalah sebuah kota di bagian utara Prancis. Jaraknya sekitar 2,5 jam dari Kota Paris. Daerah tersebut berpenduduk sekitar 8 ribu jiwa.

Karena merupakan bagian dari Kota Metropolitan Eropa-Lille, Perenchies menjadi strategis dengan aktivitas pembangunan yang dinamis. Karena posisi geografis itulah, membuat penduduk Perenchies sangat terbuka dengan budaya luar.

Walikota Perenchies, Valerie Provot dalam sambutannya memberi apresiasi atas terselenggara Pekan Budaya Indonesia. Kegiatan tersebut akan membuka wawasan generasi muda di Perenchies tentang Indonesia. info/red