PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

14 UMKM Mengikuti Pameran Kerajinan di Aston Hotel Madiun

pameran UKM Aston madiun

Madiun,pustakalewi.com – Sebanyak 14 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Madiun dari Komunitas Berbagi, Bersama, Berkembang (BBB) mengikuti pameran kerajinan tangan dan souvenir yang diselenggarakan Aston Madiun Hotel & Conference Center. Kerjasama antara komunitas UMKM yang dikelola oleh The Spoer Galery dengan Aston sudah berjalan sejak tahun 2016 dan diadakan tiga sampai empat kali dalam setahun.

Pameran kali ini diselenggarakan di dua hotel secara bersamaan yaitu Aston dan Favehotel Madiun. Produk yang ditonjolkan dalam pameran di Hotel Aston yaitu hasil kerajinan seperti kain batik dan pakaian batik yang berasal dari Karisidenan Madiun. Untuk kerajinan kulit seperti sepatu dan tas didatangkan langsung dari Magetan serta beragam aksesoris seperti masker dan strap masker dari UMKM lokal Kota Madiun juga disediakan karena menyesuaikan kondisi yang saat ini masih pandemi. Kemudian untuk produk makanan dan minuman dari UMKM lokal disediakan di Favehotel.

“Tujuan dari diadakannya pameran ini yaitu untuk memfasilitasi UMKM se karisidenan Madiun dengan memberikan ruang untuk mempromosikan produknya. Pameran ini juga memberikan akses kepada tamu hotel untuk membeli oleh-oleh khas Kota Madiun karena pilihan produknya beragam mulai dari fashion, kerajinan, makanan, dan minuman” Ujar Sri Winarsih, Director of Sales & Marketing Aston Madiun Hotel & Conference Center.

Pameran yang tersedia mulai pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB ini terlihat ramai dikunjungi oleh tamu hotel pada siang hari. Tahap pertama dari kegiatan ini dimulai pada tanggal 1 November 2021 hingga 15 November 2021 dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan.

“Harapan untuk kedepannya tetap berjalan lengkap se Karisidenan Madiun karena untuk mengangkat nilai sejarah dari Kota Madiun serta misi untuk Hotel Aston dapat membawa culture dan heritage lokal Kota Madiun. Kami berharap pihak hotel senantiasa memberi support untuk memberikan ruang dan waktu bagi teman-teman UMKM agar semua mendapat kesempatan untuk bisa mempromosikan produk mereka disini agar produk UMKM bisa semakin naik kelas” kata Diena Ayurina, Ketua Komunitas Berbagi, Bersama, Berkembang (BBB).

Selama pandemi Covid 19, hotel dibawah naungan Archipelago International ini selalu menerapkan protokol kesehatan bagi seluruh tamu dan stafnya. ASTON Madiun Hotel & Conference Center dan favehotel Madiun telah menerima sertifikasi Safe Travels dari The World Travel and Tourism Center (WTTC), selain itu juga telah mendapatkan sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai bentuk pengakuan bahwa protokol penanganan COVID-19 yang diterapkan di lingkungan hotel. Tim hotel kami pun telah mendapatkan vaksin covid 19 dan hal ini merupakan bagian dari komitmen kami demi terciptanya lingkungan yang aman dan bersih. Info/red