PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Isuzu Sumbang 1 Unit Isuzu Giga FVR34 Kepada BBPLK Untuk Praktikum

Isuzu donasi pratikum

Surabaya – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyumbangkan 1 Unit Isuzu Giga FVR34 kepada
Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung, yang akan digunakan sarana praktikum.

Acara penyerahan simbolis ini diwakili oleh Juniza Syahri Human Resource & General Affair Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia dan Agung Nur Rohmad, Direktur Lembaga Bina Pelatihan Vokasi Kementerian Ketenagakerjaan Jakarta.

Sebagaimana diketahui hubungan kerjasama IAMI dengan BBPLK Bandung sudah terbina sejak tahun 2019 untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja yang kompeten.

Kerjasama yang sudah terjalin beberapa tahun itu sudah terwujud beberapa program, seperti  penetapan program pelatihan sesuai dengan standar yang digunakan di Isuzu Indonesia, dan Pelaksanaan audit skill instruktur otomotif dan teknologi manufaktur BBPLK Bandung sesuai dengan program pelatihan yang telah ditetapkan.

Wujud lainnya, yaitu Pelaksanaan on the job training (OJT) untuk instuktur otomotif dan teknologi manufaktur BBPLK Bandung di PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Sertifikasi atau uji kompetensi untuk instruktur otomotif dan teknologi manufaktur BBPLK Bandung yang telah selesai melaksanaan OJT di PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, dan Implementasi program pelatihan yang telah ditetapkan.

Beny Dwyanto, Technical Product Support Division Head IAMI menjelaskan, bahwa  program ini dijalankan untuk menyiapkan tenaga kerja yang kompeten di bidang otomotif dan teknologi manufaktur melalui implementasi standar pelatihan dunia industri (standar khusus Isuzu) dalam penyelenggaraan pelatihan di BBPLK Bandung.

“Pada tahun 2021 ini, PT Isuzu Astra Motor Indonesia menyumbangkan sarana praktikum berupa 1 Unit Isuzu Giga FVR34, yang akan diserahkan secara simbolis,” ungkap Benny di GIIAS 2021, Jumat (19/11/2021).

Selain itu, lulusan pelatihan BBPLK tahun 2021 ini juga sudah mulai melakukan rekrutmen dengan mengundang 16 orang lulusan untuk mengikuti proses rekrutmen dan akhirnya 5 orang terpilih untuk bekerja di PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Sementara itu, Agung Nur Rohmad, Direktur Lembaga Bina Pelatihan Vokasi Kementerian Ketenagakerjaan Jakarta mengatakan, sangat berterima kasih banyak kepada Isuzu atas penyerahan secara simbolis Isuzu Giga FVR34 kepada BBPLK.

Kerjasama ini, kata Agung bukan hanya dari tahun 2019, tetapi sebelumnya, yaitu tahun 2006 juga Kementerian Ketenegakerjaan sudah menggunakan produk Isuzu.

“Produk yang kami gunakan untuk melakukan pelatihan secara mobile, jenisnya truk, dan tentunya kami harapkan kedepannya kerjasama ini akan berjalan lancar,” pungkas Agung. Info/red