PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Dinas Perpustakaan Gandeng Komunitas Read Aloud Surabaya Ajak Anak Berkreasi Tanpa Batas

Yuliana mendongeng
Yuliana Sidharta Sedang Mendongeng

Surabaya – Dalam rangka menyemarakkan Hari Pahlawan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya bersama Read Aloud Surabaya menggelar kegiatan lomba menggambar dan mewarnai untuk Anak Anak tingkat SD.

Kegiatan lomba bertema “ Aku Bebas Berkreasi” yang diadakan pada Rabu, 10 November 2021 di Halaman Balai RW 03 Sonokwijenan tersebut, Dispusip dan Read Aloud menggandeng Sanggar Kampung Bakat RW 03 Sonokwijenan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Surabaya, Ir. Musdik Ali Sujudi, MT menyampaikan bahwa, lomba menggambar dan mewarnai ini merupakan bentuk apresiasi Dispusip Kota Surabaya untuk turut menyemarakkan Hari Pahlawan 2021.

“Melalui lomba ini kami ingin membangkitkan semangat baru anak anak untuk terus berkreasi tanpa batas. Meskipun, aktifitas kita terbatas dan terhalang oleh pandemi,” kata Musdik, Rabu, (10/11/21).

Namun, lanjut Kadis Dispusip Surabaya, semua masyarakat khususnya generasi muda Indonesia harus tetap semangat. Seperti, semangat yang dikobarkan oleh para pahlawan saar membela kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Kita harus bisa menjadi seorang pahlawan. Namun, menjadi pahlawan itu tidak harus ikut berperang. Sebagai pelajar seperti adek adek cukup berperan menjadi pahlawan dengan belajar yang rajin giat dan patuh kepada orang tua dan guru,” terangnya.

Lomba menggambar dan mewarnai yang diadakan secara gratis ini, anak anak juga bisa mendapatkan hadiah seperti sertifikat, Tropy dan Souvenir. Menariknya lagi, anak anak juga diajak belajar menggambar oleh Penggerak Sanggar Kampung Bakat, Kak Istoyo S,Pd dan mendongeng oleh Ketua Read Aloud Surabaya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Read Aloud Surabaya, Kak Yuliana Sidharta menjelaskan bahwa, Read Aloud adalah metode mengajarkan membaca yang paling afektif untuk anak anak. Karena, bisa mengkondisikan otak anak anak membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan

“Kami ingin mengajak anak anak agar bisa kembali mencintai membaca buku. Karena dengan membaca kita bisa memiliki wawasan yang lebih luas serta ilmu baru,” terang wanita ramah yang akrab disapa Kak Yulia.

Elisia Safa (8) siswi kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengaku senang dan gembira bisa mengikuti lomba mewarnai. Pasalnya, selama ini Safa hanya belajar di rumah saja karena pandemi.

“Senang bisa bertemu teman teman. Bisa bermain lagi. Karena, menggambar dan mewarnai adalah hobi saya,” ungkap Safa sembari tersenyum.

Hal senada juga diucapkan oleh Lunetta (9) siswi kelas 3 SDN Dukuh Kupang Surabaya mengaku seneng bisa berkumpul lagi dengan teman teman. Apalagi bisa mendengarkan cerita dongeng yang seru dari Kak Yulia.

Perlu diketahui, karena banyaknya antusias anak anak mengikuti lomba menggambar dan mewarnai tersebut acara kemudian diselenggarakan secara hybrid demi keamanan dan kenyamanan bersama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik. info/red