PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Latte Art Championship 2021: Asah Kemampuan Barista Archipelago

barista competion

Surabaya, pustakalewi.com – Archipelago International mengadakan Latte Art Championship 2021 pada Selasa (2/11/2021). Bertempat di Selasar Lime Restaurant Favehotel Sidoaro, kompetisi menghias kopi ini berlangsung pukul 16.00 – 19.00 WIB. Kompetisi reguler di setiap region ini bertujuan untuk mengasah kemampuan dan keterampilan barista sekaligus menjaga kekompakan antar barista di hotel-hotel di bawah naungan Archipelago. Ada 12 hotel di bawah naungan Archipelago yang mengikuti kompetisi ini.

“Salah satu tujuan dari kegiatan hari ini adalah memperkenalkan beberapa properti hotel dibawah naungan Archipelago International khususnya di wilayah timur dan juga untuk mengasah keterampilan para barista melalui latte art yang kami selenggarakan kali ini. Harapannya melalui kegiatan seperti ini akan menambah kepercayaan diri dan pengetahuan melalui event kompetisi latte art”, ujar I Made Sumardika, Corporate F&B Manager Archipelago International Wilayah Timur.

Kriteria penilaian kompetisi latte art kali ini yaitu visual kualitas produk, tingkat kesulitan pembuatan motif serta tingkat kreativitas para barista. Sistem penilaian menggunakan sistem throwdown atau sistem gugur, dengan menitik beratkan pada sisi kreativitas para peserta dalam batas waktu 3 menit.

Salah satu peserta yang berasal dari Aston Inn Jemursari, Hendar mengaku senang bisa mengikuti kompetisi ini. “Selain untuk menambah dan mengasah ilmu barista yang saya tekuni, saya juga bisa mendapat kesempatan untuk bertukar ide dengan rekan-rekan dari properti yang lain dan tentunya dengan juri pada sore hari ini,” ungkap Hendar.

Latte Art Championship 2021 ini mencari tiga pemenang. Juara pertama diraih oleh Ardin Septian dari Aston Banyuwangi. Juara kedua diraih oleh Sugeng Rianto dari The Alana Hotel Surabaya. Dan juara ketiga diraih oleh Rezaldi Nurul dari Neo+ Waru. Pada akhir kompetisi, diadakan lelang kopi dari pemenang Latte Art Championship 2021 dengan harga lelang mencapai satu juta rupiah. (PJ)