PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Kabupaten Jombang Pecahkan Rekor MURI Tingkeban Massal

Jombang Muri

Jombang – Unik dan menarik, Kabupaten Jombang berhasil memecahkan rekor MURI, Tingkeban Massal yang diikuti 660 ibu hamil. Acara digelar di Pendopo Pemkab Jombang dan diikuti secara virtual 21 Kecamatan.

Tingkeban massal bertema ‘Menuju Jombang Bebas Stunting’ merupakan rangkaian Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang ke-111 menjadi momentum merawat kearifan budaya yang kaya akan makna dan menyatukan beragam perbedaan politik sosial budaya.

Upacara Tingkeban merupakan tradisi selamatan yang dilaksanakan pada usia kehamilan tujuh bulan yang sarat dengan doa untuk mendapatkan pertolongan dari Tuhan Yang Maha Esa bagi lbu yang tengah mengandung bayinya.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menerima Piagam Penghargaan
dari Museum Rekor – Dunia Indonesia dengan No. 10077/R.MURI/X/2021 atas Rekor Pemrakarsa dan Penyelenggara Tingkeban Massal di 22 Tempat, secara Virtual dengan Peserta Terbanyak.

Penyerahan Penghargaan diserahkan oleh Sri Widayati representatif MURI diakhir acara, pada Sabtu (23/10/2021), lalu.

Sebelumnya, dengan iringan sholawat, para ibu hamil didampingi suaminya masuk ke Pendopo Pemkab Jombang. Bupati Jombang Hj mengalungkan roncean melati satu persatu kepada 30 orang Ibu Hamil yang akan menjalani prosesi tingkeban.

Disaksikan Wakil Bupati Jombang
Sumrambah, dan Forkopimda Kabupaten Jombang serta para tamu dari Provinsi Jawa Timur.

Kemudian ibu hamil menjual dawet kepada para hadirin, selanjutnya para ayah memecah kelapa muda secara bersamaan. Hadir memberi ceramah Gus Muwafiq.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara. Serta mengatakan tingkeban massal rangkaian kegiatan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang Ke 111 Tahun 2021 yang terasa istimewa, karena seiring dengan Hari Santri Nasional dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Info/red