PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Tancorp Global Raih Rights Issue RISE Rp 358,2 Miliar

voza tower 7
,

Surabaya – PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk (RISE), perusahaan properti Tanrise Property sukses menyelenggarakan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue. PT Tancorp Global Sentosa selaku pemegang saham dengan kepemilikan 84,92% menjadi pihak yang melakukan penyertaan modal dengan nilai mencapai Rp 358,2 miliar.

Jumlah saham yang diterbitkan dalam rights issue ini mencapai 995 juta lembar saham dengan harga pelaksanaan Rp 360 per saham. Dengan adanya rights issue, jumlah saham perseroan bertambah menjadi 10,94 miliar saham dari 9,95 miliar saham sebelum rights issue.

Rights issue ini dilaksanakan pada 29 Oktober 2021. Lalu, pada 1 November 2021, perseroan mengumumkan hasil pelaksanaan rights issue,” tulis manajemen berdasarkan keterbukaan informasi, Senin (1/11/2021).

Sementara, dalam prospektus sebelumnya disebutkan, jumlah saham yang diterbitkan dalam rights issue ini mencapai 10% dari total saham. Dana dari rights issue akan digunakan untuk pelunasan kredit kepada PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebesar Rp 80,5 miliar.

Lalu, sebesar Rp 60 miliar digunakan untuk time loan revolving dari BCA, Rp 148,8 miliar untuk pembayaran pinjaman fasilitas kredit investasi untuk anak usaha, PT Tanrise Indonesia dari PT Bank Mandiri Tbk dan Rp 68,9 miliar untuk mendukung kegiatan usaha perseroan dan anak usaha.

Adapun Jaya Sukses Makmur adalah perusahaan properti yang mengelola perumahan, kawasan industri, gedung apartemen dan lainnya di bawah payung Tanrise Property. Pada semester I 2021, perseroan membukukan pendapatan usaha sebesar Rp 108 miliar, meningkat dibandingkan pendapatan pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 73 miliar. Sedangkan laba rugi tahun berjalan pada semester I 2021 menyusut menjadi Rp 13 miliar dari semula Rp 17 miliar.

Kemudian dari sisi jumlah aset perseroan pada semester I 2021 menurun menjadi Rp 2,35 triliun dari akhir 2020 yang mencapai Rp 2,36 triliun. Dari laporan posisi keuangan konsolidasian tersebut, jumlah ekuitas perseroan hingga paruh pertama 2021 tercatat mencapai Rp 1,83 triliun.

Tahun ini, Direktur Utama Jaya Sukses Makmur Sentosa Belinda Natalia menyampaikan, perseroan optimistis untuk terus berkarya selama masa pandemi dan tetap mempertahankan kinerja dengan fokus melakukan inovasi dan melahirkan konsep produk properti baru sesuai kebutuhan pasar di era ini.

“Perseroan juga berkomitmen menyelesaikan pembangunan proyek yang sedang berjalan serta membuat terobosan program pemasaran properti secara digitalisasi sesuai persona masing-masing produk dengan tepat,” tutur Belinda. info/red