PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

11 KK Asal Blitar dan Trenggalek Berangkat Transmigrasi ke Sulawesi Barat

transmigrasi ke sulawesi

Surabaya – Sebanyak 8 KK (26 jiwa) asal Kabupaten Trenggalek dan 3 KK (13 jiwa) asal Kabupaten Blitar mengikuti program pemerintah yakni Transmigrasi sebagai upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat

Untuk keluarga asal Trenggalek ke UPT Saulisu Kab. Mamuju Tengah dan keluarga asal Kabupaten Blitar ke UPT Slundeang Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Dr. Himawan Estu Bagijo, SH, MH melepas 11 keluarga ke Provinsi Sulawesi Barat pada seminggu lalu (24/10/2021).

Kadisnakertrans Jatim mengatakan program transmigrasi saat ini tidak semata-mata ditujukan untuk menyeimbangkan persebaran penduduk, tetapi untuk pencapaian tujuan sosial yaitu meningkatkan kesejahteraan.

Transmigrasi merupakan salah satu program strategis pembangunan nasional, karena berkaitan langsung dengan upaya meningkatkan taraf hidup transmigrasi dan masyarakat.

Pesan Kadisnakertrans Jatim kepada para transmigran agar setelah sampai di daerah tujuan/daerah penempatan mereka menyesuaikan diri dengan sosial budaya, adat istiadat berbeda dengan daerah asal serta lebih meningkatkan bergotong royong dalam bekerja.

Diharapkan transmigrasi bisa memperbaiki kehidupan, bisa menerima dan mengolah lahan dengan tepat serta sejahtera dalam kehidupan. Ini bagian membangun kesejahteraan yang meluas dari warga Jatim dan mengurangi angka pengangguran, terang Kadisnakertrans Jatim.

Kepala Bidang Transmigrasi Achmad Zaifoer, M.Si mengatakan sebelum diberangkatkan para Kepala Keluarga (KK) transmigran mengikuti pelatihan kompetensi di UPT BLK Wonojati selama 7 hari.

Seperti pelatihan pertanian, perikanan dan peternakan dan untuk istri calon transmigran diberikan pelatihan pengolahan hasil pertanian. Info/red