PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Romo Magnis: Umat Katolik Kehadirannya Harus Mampu Dirasakan oleh Masyarakat

Romo Magnis

Surabaya – Guru Besar Emeritus Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Romo Franz Magnis Suseno mengatakan, kehadiran umat Katolik harus dapat dirasakan oleh masyarakat sebagai dorongan kepada hal yang baik, adil, dan membangun kehidupan bersama.

“Itulah kesaksian kita yang paling penting karena kita menerima Roh Allah, kita mampu untuk itu,” kata Romo Magnis pada Webinar Kreasi Virtual Katolik Indonesia (KVKI) bertemakan “Warga Katolik untuk Indonesia” dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Rabu (27/10/2021).

Menurutnya, agar dapat memberi dampak ini, umat Katolik harus mampu interaksi di masyarakat dan tidak menutupi diri. Umat Katolik dalam masyarakat harus mampu memiliki kerendahan hati.

Untuk itu, Romo Magnis mengingatkan, perlu ada kesadaran bahwa tidak lebih baik dari orang lain, tetapi memaknai kehadiran sebagai panggilan Tuhan Yesus.

Menurutnya, ada tiga hal penting harus menjadi perhatian umat Katolik yakni, menjadi rumah untuk semua golongan, baik itu orang miskin, lemah dan lainnya. Kemudian, bersaudara dengan semua pihak serta menjaga keutuhan alam. info/red