PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ziarah ke Makam Bung Karno, Ini Pesan Ganjar Pranowo

Ganjar Nyekar MBK

Blitar – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berziarah ke Makam Bung Karno (MBK) di Kota Blitar, Minggu (24/10/2021).

Acara nyekar Makam Sang Proklamator di Jalan Ir Soekarno, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar ini, bersamaan dengan agenda kunjungan lainnya di Jawa Timur.

Usai ziarah, kader Banteng ini minta pengelola merawat perbaikan fasilitas di area MBK yang dilakukan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos).

Dia juga berpesan agar pengelola dan pelaku wisata MBK menjaga kebersihan. Apa lagi di tengah pandemi saat ini, penerapan protokol kesehatan juga perlu diperhatikan.

Oleh karenanya, dia mendukung penuh perbaikan tersebut, karena MBK menjadi daya tarik Kota Blitar di kancah nasional hingga internasional.

“Saya berharap, perbaikan yang dilakukan pemerintah pusat, menambah rasa nyaman pengunjung MBK yang datang. Karena MBK ini merupakan aset penting sejarah bangsa,” kata Ganjar.

Dalam kunjungannya itu, Ganjar kagum dengan Makam Bung Karno yang tak pernah sepi pengunjung.

Oleh karenanya dia berharap, agar warga Indonesia yang sadar akan sejarah, berkunjung dan berziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar.

Dalam ziarah ke Makam Bung Karno Kota Blitar ini, Ganjar didampingi Wali Kota Blitar Santoso yang juga kader PDI Perjuangan.

Pada kesempatan itu, Santoso berharap kunjungan Ganjar dapat memunculkan semangat lebih bagi masyarakat Kota Blitar.

“Kami juga setuju dengan pandangan Pak Ganjar tentang keharusan untuk merawat keindahan Makam Bung Karno. Baik dari sisi fasilitas maupun taman yang ada di sekitar makam,” ujarnya.

Untuk diketahui, komplek Makam Bung Karno saat ini menjadi fokus Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini untuk mendapatkan perawatan dan perbaikan.

Tujuannya, untuk menambah keindahan Makam Bung Karno agar lebih memiliki daya tarik bagi peziarah atau wisatawan. Info/red