PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Masa Pandemi, Cosplay Indonesia Tetap Eksis

cosplay

Surabaya – Penggemar anime dan komik pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah cosplay. Cosplay digambarkan sebagai suatu hobi berdandan dan berpakaian yang meniru tokoh-tokoh yang ada dalam anime, komik, dongeng, dan film.

Para pelaku cosplay tidak segan mengenakan aksesoris di semua bagian tubuhnya demi terlihat mirip dengan tokoh anime favoritnya. Tren yang bermula di Jepang ini, sudah terbentuk berbagai komunitas yang tersebar di berbagai daerah.

Adanya pandemi Covid-19 tidak menyurutkan kegiatan komunitas cosplay. Mereka terus berkarya mereka berinisiatif untuk menggelar sebuah kontes cosplay yang menghadirkan banyak kategori.

Menyingkapi inilah para cosplayer menggunakan Showtime Official Fanpage untuk unjuk gigi. Tujuannya untk membuat platform Showtime Official Fanpage sebagai media pemersatu komunitas cosplay dengan seluruh fannya.

“Ini sebagai salah satu kontribusi nyata, kami menggelar Showtime Cosplay Awards 2021 ini,” kata Product Manager Showtime dari PT 8 Elements, Nicholas Ivan.

Sejak beberapa bulan lalu, sebanyak 100 peserta menampilkan diri melalui sistem virtual di Showtime Official Fanpage. Para peserta datang dari berbagai daerah dan menjadikan event ini perhelatan cosplay terbesar masa pandemi.

Minggu lalu, sebanyak 20 peserta masuk kategori untuk dinobatkan sebagai raja dan ratu cosplayer lewat Showtime Cosplay Awards 2021. Mereka kemudian memamerkan diri di Visual Unilumin Mandiri (VUM), Photography Studio, Kemanggisan, Jakarta.

Showtime dimulai dengan coswalk, presentasi video , kemudian penilaian dari tiga juri. Mereka adalah Rian CYD, Ola Aphrodite, dan Zee Liu. Ketiganya sudah malang melintang dan memiliki segudang prestasi di dunia cosplay.

Lewat Showtime Official Fanpage jadi bukti bahwa tidak mematikan komunitas cosplay Indonesia. Event cosplay ini masih ada jadi bukti bahwa cosplay tidak pernah mati di Tanah Air. info/red