PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Konjen Jepang Nostalgia Tempat Soekarno Belajar Semasa Kecil di SDN Purwotengah Mojokerto

konjen Jepang mojokerto

Mojokerto – Masa kecil Presiden Soekarno dihabiskan di Surabaya, Ploso (Kabupaten Jombang), Mojokerto, Blitar, dan Tulungagung. Di Mojokerto, Soekarno kecil belajar di Sekolah Rakyat “Ongko Loro” atau Inlandsche School setingkat SD khusus untuk pribumi.

Bung Karno diperkirakan bersekolah di Mojokerto sekitar tahun 1909-1912 dari tingkat dua hingga lima. Sekolah “Ongko Loro” kini menjadi SDN Purwotengah, Jalan Taman Siswa, Kota Mojokerto.

Konsul Jenderal Jepang di Surabaya Takeyama Kenichi, Deputi Konsul Jenderal Ishii Yutaka, berkunjung ke SDN Purwotengah, Kota Mojokerto, pada Rabu (29/9/2021). Turut dalam rombongan, perwakilan dari PT. Panasonic Gobel Energy Indonesia, Heru Santoso dan Arief Gobel.

Dalam kunjungan tersebut, Mr. Takeyama mengapresiasi pembangunan fisik Kota Mojokerto. Menurutnya, Kota Mojokerto sudah sangat berbeda dengan yang pernah ia kunjungi semasa muda dulu.

Konjen Jepang juga mengapresiasi Ning Ita dalam merehabitasi sekolah Presiden Soekarno semasa kecil. Takeyama berpendapat Kota Mojokerto adalah kota yang bersih dan berharap menjadi objek wisata yang bagus di Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Mojokerto lka Puspitasari menjelaskan semua potensi yang ada di Kota Mojokerto. Seperti potensi pariwisata berbasis sejarah Soekarno Center di SDN Purwotengah maupun potensi kuliner.

Kedatangan Konsul Jepang ke Mojokerto merupakan langkah awal untuk membuka kerjasama dengan perusahaan-perusahaan dari Jepang yang ada di Indonesia.

Pada kesempatan itu, anak-anak berkebutuhan khusus di Kota Mojokerto berunjuk kemampuan dalam bidang robotika di hadapan Konjen Jepang.

Ning Ita mengatakan anak-anak berkebutuhan khusus juga memiliki kelebihan, jika didampingi akan menjadi potensi yang luar biasa melebihi orang yang secara indra dianggap sempurna. Hal ini terbukti dengan anak-anak berkebutuhan khusus bisa membuat robot-robot. Info/red