PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Wagub Emil Ajak Anggota PEPABRI Kampanyekan Prokes

emil pepabri

Surabaya,pustakalewi.com – Seiring melandainya kasus Covid-19 membuat status level PPKM di Jawa Timur turun. Melihat keadaan tersebut, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengajak seluruh anggota Persatuan Purnawirawan Warakawuri TNI-Polri (PEPABRI) agar tetap dan terus bersemangat untuk ikut mengkampanyekan protokol kesehatan (prokes). Ajakan tersebut disampaikannya agar masyarakat tetap berhati-hati untuk melakukan aktivitasnya. Sehingga, lonjakan kasus Covid-19 tidak naik lagi.

“Pada kesempatan kali ini, saya mengajak kepada anggota PEPABRI untuk tetap semangat mengkampanyekan kepatuhan atas protokol kesehatan serta pelaksanaan vaksinasi. Karena ibarat perang, maka senjata dalam memerangi penyebaran Covid 19 adalah dengan patuh protokol kesehatan serta pelaksanaan vaksinasi,” kata Wagub Emil saat menghadiri HUT PEPABRI ke-62 di Aula Kodam V Brawijaya, Selasa, (14/9).

Menurut Wagub Emil, berdasarkan asessment situasi yang dikeluarkan Kemenkes RI, Provinsi Jawa Timur sudah terbebas dari daerah dengan kategori level 4. Bahkan, Kab. Lamongan, Kab. Tuban dan Kab. Pasuruan sudah masuk level 1. Sedangkan untuk Jawa Timur sendiri berada di level 2.

Hasil positif yang dialami Jatim ini turut membawa perubahan yang signifikan di beberapa sektor, yakni perekonomian dan pariwasata.

“Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, bahwasannya menjaga gas dan rem harus terus dilakukan selama pandemi Covid-19. Artinya, penanganan pandemi harus seimbang dengan upaya pemulihan kondisi ekonomi. Syukur alhamdulilah pada triwulan 2 tahun 2021 laju pertumbuhan ekonomi Jawa Timur terus menunjukkan pergerakkan yang semakin progresif,” ungkapnya.

Lebih lanjut, di masa pandemi Covid-19, sektor pariwisata menjadi sektor yang banyak ‘terpukul’. Namun, kondisi tersebut membuat warga Jawa Timur tidak berhenti menorehkan prestasi.

“Alhamdulillah terdapat 6 desa wisata di 6 kabupaten di Jawa Timur yang terpilih sebagai 50 desa wisata terbaik se Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,” ujarnya.

Tidak sekadar menjaga tren positif di sektor ekonomi dan pariwisata, Wagub Emil menekankan pentingnya peran PEPABRI mengkampanyekan pelaksanaan vaksinasi bagi lansia yang sampai saat ini masih tergolong rendah.

“Mengajak PEPABRI untuk bersedia berjuang bersama meningkatkan capaian vaksinasi bagi lansia. Faktor khawatir ada komorbid bukan halangan vaksinasi. Bisa berkonsultasi kepada pihak yang berkompeten secara medis,” pungkasnya. info/red