PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Presiden Resmikan Jalan Tol Ruas Pulo Gebang-Kelapa Gading

jokowi

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasikan jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading di Gerbang Tol Cakung Jakarta Timur, Senin (23/8/2021).

“Alhamdulillah pada pagi hari ini, jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 km telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, jalan tol yang membentang sepanjang 9,3 km itu merupakan bagian dan sekaligus melengkapi keberadaan jalan tol Metropolitan Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi). Jalan tol itu juga bagian dari ruas tol lingkar dalam Jakarta dan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road.

“Kita harapkan dengan selesainya jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 km kecepatan distribusi logistik akan makin baik, daya saing komoditas-komoditas kita juga makin baik,” kata dia.

Disebutkan, ruas tol itu terhubung dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok sehingga akan memperkuat daya saing Indonesia, utamanya mobilitas orang ke Jakarta makin baik, mobilitas barang di Kota Jakarta dan sekitarnya makin bagus.

Jalan Tol Pulo Gebang-Kelapa Gading Jalan adalah bagian dari enam ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, yang merupakan Proyek Strategis Nasional berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 Tahun 2018.

Kehadiran enam ruas Jalan Tol Dalam Kota yang diharapkan dapat mengurangi kemacetan di Ibu Kota Jakarta, secara keseluruhan membentang sepanjang 69,77 km dengan mengadopsi konstruksi jalan layang yang terintegrasi dengan transportasi umum bus rapid transit (BRT). info/red